Sukses


8 Manfaat Air Mawar, Cegah Penuaan Dini hingga Mengatasi Jerawat

Bola.com, Jakarta - Air mawar atau rosewater adalah air wangi yang dibuat dengan cara merebus atau menyaring uap kelopak bunga mawar. Beragam manfaat kesehatan dan kecantikan dari air mawar.

Air mawar mengandung sekitar 10-50 persen minyak mawar. Minyak mawar yang diekstrak adalah satu di antara minyak atsiri paling mahal di dunia.

Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional produk kecantikan dan produk makanan serta minuman. Air mawar juga mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit.

Selain itu, air mawar mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga vitamin ini dapat bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan (aging).

Namun selain manfaat tersebut, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang jarang diketahui. 

Penasaran apa saja manfaat air mawar? Berikut ini beragam manfaat air mawar yang harus kamu ketahui, dirangkum dari Klikdokter dan Hellosehat, Rabu (5/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Mawar

1. Melawan penuaan dini

Penuaan dini merupakan satu di antara keluhan kulit yang ditakuti dan dihindari banyak orang. Walau dengan bertambahnya usia kondisi kulit pasti akan mengalami proses penuaan, beberapa faktor dapat mempercepatnya.

Faktor-faktor seperti kulit terpapar sinar ultraviolet, polusi, stres, serta pola makan, dan gaya hidup yang kurang sehat bisa berperan menyebabkan penuaan dini. Dengan mengaplikasikan air mawar dapat menghambat zat yang memecah kolagen serta elastin.

Hal ini berperan membentuk kulit yang cantik dan kenyal sehingga air mawar dapat bermanfaat melawan keriput serta munculnya garis halus pada kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat air mawar yang kedua, yakni dapat mengatasi jerawat pada wajah. Masalah wajah ini tidak dapat disepelekan karena selain membuat tidak nyaman, juga dapat merusak penampilan.

Menggunakan air mawar dipercaya bisa mengatasi jerawat. Air mawar memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri.

Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari.

Menggunakan secara rutin selama kurang lebih tiga minggu, maka manfaatnya akan cukup baik untuk menangani masalah kulit berjerawat.

3. Mencerahkan kulit wajah

Air mawar mampu mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin A dan vitamin E yang ada dalam air mawar bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah.

Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Mawar

4. Mengoptimalkan proses penyembuhan luka

Kandungan antiseptik pada air mawar mampu melawan infeksi sehingga kulit dapat terbantu untuk sembuh lebih cepat dengan pemakaian air mawar.

Air mawar membantu penyembuhan luka bakar, seperti terbakar sinar matahari, karena bersifat melawan peradangan.

5. Antiradang

Manfaat selanjutnya dari air mawar dapat mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Air mawar memiliki sifat antiradang sehingga baik sekali digunakan untuk mengatasi keluhan pada kulit.

Air mawar dapat diandalkan oleh orang-orang yang berjerawat dan memiliki eksim. Pasalnya, air mawar memiliki sifat antibakterial sehingga bermanfaat bagi mereka yang mencari solusi mengatasi jerawat dengan bahan alami.

Selain itu, air bunga mawar bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang yang menyebabkan komedo.

6. Memberikan efek relaksasi

Air mawar nyatanya memiliki efek rileksasi atau menangkan. Air mawar cocok digunakan sebagai campuran air untuk berendam dengan air hangat.

Campurkan dua gelas ekstrak air mawar ketika mandi untuk merileksasi tubuh setelah beraktivitas seharian.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Mawar

7. Menghilangkan ketombe

Selain memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit, air mawar juga digunakan sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Air mawar dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

8. Mengatasi mata yang lelah

Air mawar bisa membantu mengatasi kondisi mata yang kelelahan. Teteskan air mawar pada kapas, lalu gunakan untuk mengompres mata dan diamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit.

Selain untuk mengobati mata lelah, air mawar juga dapat membantu melembapkan bagian bawah mata yang kering. Nutrisi yang terkandung dapat memberikan hidrasi yang cukup pada bagian kulit paling sensitif tersebut.

 

Sumber: Klikdokter, Hellosehat

Video Populer

Foto Populer