PASI Panggil Atlet Pelatnas Secara Bertahap, Lalu Muhamad Zohri Tiba di Jakarta pada 12 Agustus

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 16 Feb 2021, 12:24 WIB
Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri berpose seusai menerima medali perak nomor 100 meter pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar, Senin (22/4). Lalu Muhammad Zohri tampil sebagai yang tercepat kedua di semifinal dengan membukukan catatan waktu 10,13 detik. (AP/Vincent Thian)

Bola.com, Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan melakukan pemanggilan sebanyak 20 atlet pelatnas Atletik Olimpiade Tokyo 2021 dan SEA Games Vietnam 2021 secara bertahap. Sprinter Lalu Muhammad Zohri akan masuk gerbong pemanggilan tahap pertama. 

Proses pemanggilan dilakukan secara bertahap karena mempertimbangkan faktor kesehatan. Kebijakan ini terkait dengan tingginya pandemi Covid-19 di wilayah Jakarta.

Advertisement

"PB PASI akan melakukan pemanggilan atlet pelatnas atletik secara bertahap. Khusus tahap pertama, kami akan memanggil 10 atlet yang berada di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) termasuk sprinter Lalu Mohammad Zohri dan dan atlet lompat jauh Sapwaturahman,"kata Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung yang dihubungi melalui telepon selular, Senin (10/8/2020).

"Yang pasti, kita akan menjalani pelatnas dengan secara hati-hati dan mewaspadai pandemi Covid 19," imbuh Tigor, melalui rilis yang diterima Bola.com.  

Seluruh atlet pelatnas Olimpiade 2021 dipanggil secara resmi melalui surat. Khusus Zohri yang selama ini menjalani latihan di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memberikan pemberitahuan akan berangkat ke Jakarta, pada Rabu 12 Agustus 2020.

"Lalu Muhammad Zohri sudah memberikan kabar akan berangkat ke Jakarta, 12 Agustus 2020. Sedangkan Sapwaturrahman yang juga berlatih di NTB belum memberikan kabar keberangkatannya ke Jakarta," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Ditempatkan di Hotel Atlet Century Park

Berbicara masalah pandemi Covid 19, Tigor mengungkapkan seluruh atlet pelatnas Atletik yang akan ditempatkan di Hotel Atlet Century Park Jakarta sudah mendapatkan penjelasan secara terperinci tentang masalah virus yang sudah banyak memakan korban tersebut.

"Sebelum mengikuti program pelatnas, seluruh atlet pelatnas atletik akan menjalani tes Swab untuk memastikan mereka tidak terjangkit Covid 19. Dan, mereka juga diwajibkan menjalani protokol kesehatan secara ketat selama dalam pelatnas," tegasnya.

Mengenai kapasitas kamar atlet Hotel Century Park yang tadinya diisi 4 atlet, kata Tigor Tanjung, dikurangi menjadi 2 atlet. Namun, dia menyebut pengaturan itu belum ideal di tengah pandemi Covid-19.

"Idealnya di tengah pandemi Covid-19 ini setiap kamar diisi 1 atlet. Jadi, penularan Covid 19 bisa lebih diminimalisir dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," jelasnya lagi.

 

3 dari 3 halaman

15 Atlet Pelatnas yang Dipersiapkan Menuju Olimpiade 2020 dan SEA Games 2021

Atlet lari gawang Indonesia, Emilia Nova, melakukan latihan di Stadion Madya, Jakarta, Senin (7/9). Meski baru sembuh dari cedera, Emilia Nova tetap mengincar medali emas di SEA Games 2019. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

:

1. Lalu Muhammad Zohri

2. Sapwaturrahman

3. Halomoan Edwin Binsar

4. Agus Prayogo

5. Hendro

6. Bayu Kertanegara

7. Emilia Nova

8. Alvin Tehupeiory

9. Odekta Elvina Naibaho

10. Adith Rico Pradana

11. Adi Ramli Sidiq

12. Wahyu Setiawan

13. Diva Renata Jayadi

14. Valentin Vanesa Lonteng

15. Nabilah Fafriliani Ardiyansyah.

Lima atlet lagi yang akan bergabung mulai Oktobert 2020

1. Abd Hafiz

2. Acong Tio

3. Agustina Manik

4. Eki

5. Pretty Sihite.