Kasihan Pol Espargaro, Berjuang dari Nol di KTM tapi Brad Binder yang Menang

oleh Hendry Wibowo diperbarui 13 Agu 2020, 11:30 WIB
MotoGP 2020 jadi musim terakhir Pol Espargaro bersama KTM. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bola.com, Spielberg - KTM mulai diperhitungkan sebagai tim pabrikan papan atas di ajang MotoGP. Alasannya adalah kemenangan yang diraih Brad Binder pada balapan MotoGP Republik Ceska, akhir pekan lalu.

Kemenangan itu bukan hanya yang pertama untuk Brad Binder sebagai seorang rookie tapi juga KTM pada ajang MotoGP.

Advertisement

Menariknya penyumbang kemenangan perdana KTM adalah Brad Binder bukan seorang Pol Espargaro. Ironi memang. Karena pembalap asal Spanyol itu berjuang dari nol bersama KTM ketika tim ini kali pertama mentas di MotoGP musim 2017.

Oleh karena itulah, bos KTM Motorsport Pit Beirer merasa kasihan dengan Pol Espargaro. Apalagi pada MotoGP Republik Ceska, ia juga punya kans naik podium sebelum akhirnya keluar trek akibat disenggol Johann Zarco.

Meskipun begitu, Beirer tetap memberikan semangat kepada Pol Espargaro. Dia menyebut kemenangan Brad Binder juga sukses buat adik pembalap Aprilia, Aleix Espargaro itu.

“Di hari-hari buruk dan baik dia bertarung seperti singa untuk kami dan itulah mengapa dia menjadi bagian dari kemenangan itu," kata Beirer.

“Jika dia tidak tetap kuat dan berkomitmen kepada kami, kami tidak akan memiliki kesempatan untuk meraih kemenangan seperti sekarang. Jadi, saya merasa kasihan padanya," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Tulang Punggung

Brad Binder bersama rekan setimnya di KTM, Pol Espargaro (JOSE JORDAN / STR / AFP)

Pit Beirer bahkan mendeskripsikan sosol Pol Espargaro adalah tulang punggung proyek KTM di MotoGP.

"Dari hati yang murni dan resiko yang dia ambil dalam proyek ini, Pol akan menjadi orang yang pantas mendapatkan kemenangan pertama untuk tim ini. Karena ia tulang punggung KTM," Pit Beirer menuturkan.

Pol Espargaro sendiri akan meninggalkan KTM pada akhir MotoGP 2020 untuk bergabung dengan Marc Marquez di tim Repsol Honda untuk musim 2021.

Sementara kursi dirinya di tim pabrikan KTM diisi Miguel Oliveira yang kini memperkuat tim satelit Tech 3 KTM.

Sumber: Motorsport

Berita Terkait