Piala Carabao: Tottenham Pecundangi Chelsea dalam Drama Adu Penalti, Jose Mourinho: Kami Pantas Menang!

oleh Ario Yosia diperbarui 30 Sep 2020, 06:18 WIB
Jose Mourinho (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur melaju ke babak perempat final Piala Carabao usai menggasak Chelsea lewat drama adu penalti 5-4 (1-1) di Tottenham Stadium, Rabu (30/9/2020) dini hari WIB. Nakhoda Spurs, Jose Mourinho memuji mentalitas para pemainnya, yang bertarung tak kenal lelah di tengah padatnya jadwal yang dijalani klub.

Spurs dua hari sebelumnya baru saja menjalani duel berat kontra Newcastle United di pentas Premier League. Setelah bersua The Blues, mereka kembali akan bertarung di Kualifikasi Liga Europa menghadapi Maccabi Haifa. Selanjutnya Tottenham masih harus bersua Manchester United di ajang Liga Inggris.

Advertisement

Saat menjajal Chelsea, Tottenham terlebih dahulu tertinggal di paruh pertama lewat gol Timo Werner pada menit ke-19. Spurs menyamakan kedudukan lewat lesakan gol Eric Lamela pada menit ke-84. Pertandingan harus dilanjutkan dengan tos-tosan seusai 90 menit laga skor tak berubah.

Lima eksekutor Tottenham sempurna menjalani tugas penaltinya. Sebaliknya, penendang ke-5 Chelsea, Mason Mount, gagal menjebol gawang Hugo Lloris. Tendangannya melebar ke sisi kanan.

"Apa yang para pemain pertontonkan malam ini luar biasa. Kami baru saja menjalani pertandingan dengan intensitas tinggi di Premier League akhir pekan lalu, dan laga malam ini kami menghadapi Chelsea dengan intensitas yang sama. Kondisi itu direspons dengan baik oleh para pemain. Sepanjang laga mereka terus berlari memberi tekanan ke lawan. Buat saya kemenangan penalti hal kedua, apa yang pemain tunjukkan di lapangan fantastis," kata Jose Mourinho dalam sesi wawancara seusai laga.

Menurut The Special One tim asuhannya pantas memenangi pertandingan. "Seusai babak kedua berakhir, saya berbicara ke para pemain: jasil akhir penalti bukan yang utama buat saya, saya meminta mereka menjalaninya tanpa beban. Tapi secara pribadi saya amat yakin kami akan menang. Pemain dengan apa yang dipertontonkan, mereka layak memenangi pertandingan ini."

Buat Jose Mourinho hasil positif ini mengakhiri rekor buruk saat bersua mantan anak asuhnya, Frank Lampard yang jadi pelatih Chelsea. Musim lalu sang pelatih dipermalukan dua kali oleh The Blues di Liga Inggris.

 

Video

2 dari 2 halaman

Tanpa Striker

Tendangan pemain Chelsea Mason Mount melebar pada laga putaran keempat Piala Liga Inggris antara Tottenham Hotspur dan Chelsea di Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris, Selasa, 29 September 2020. Tottenham mengalahkan Chelsea 5-4 lewat adu penalti.

Pada paruh pertama laga, Chelsea mendominasi pertandingan. Spurs yang banyak menurunkan pemain serep terintimidasi oleh Cesar Azpilicueta cs.

Tottenham memainkan formasi aneh dalam laga ini. Mereka bermain dengan skema 3-5-2, di mana di depan duet penyerang diisi Steven Bergwijn dan Eric Lamela. Penyerang utama, Harry Kane, baru diturunkan pada 20 menit akhir laga.

Jose Mourinho mengaku terpaksa menerapkan skema yang tak lazim. "Formasi ini belum pernah kami coba, tapi kami tak punya pilihan lain. Saya harus memaksimalkan pemain yang ada, formasi menyesuaikan dengan ketersediaan pemain," kata pelatih asal Portugal itu.

Saat ditanya apakah laga ini menjadi pertanda bahwa Spurs membutuhkan striker tambahan di masa tersisa bursa transfer musim panas. "Saya tak mau memikirkannya. Fokus saya ke pertandingan-pertandingan yang kami jalani. Menghadapi laga ini, di kepala saya terisi penuh dua pertandingan lanjutan lainnya," ujar Jose Mourinho.

Sumber: Sky Sports

 

Berita Terkait