Mario Mandzukic dan Tantangan Menjadi Mantra Kutukan Nomor Punggung 9 di AC Milan

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 20 Jan 2021, 10:45 WIB
Mario Mandzukic resmi jadi pemain anyar AC Milan dan diberikan nomor punggung 9. (Dok. AC Milan)

Bola.com, Jakarta - AC Milan secara resmi mengumumkan Mario Mandzukic sebagai striker baru mereka. Penyerang Kroasia itu, mau tak mau, bakal berusaha menjadi mantra kutukan pemain No. 9 di San Siro.

Sejak Filippo Inzaghi, sembilan pemain telah mencoba peruntungan dengan nomor punggung 9 di AC Milan. Bisa ditebak, mayoritas mengalami kegagalan.

Advertisement

Inzaghi bermain untuk Milan dari 2001 hingga 2012 dan melanjutkan sejarah hebat pemain No. 9 yang sebelumnya dikenakan oleh George Weah, Patrick Kluivert, Roberto Baggio, Daniele Massaro, Jean-Pierre Papin, Marco van Basten, Aldo Serena, Pietro Paolo Virdis, Angelo Sormani, Juan Schiaffino, Gunnar Nordahl dan Nils Liedholm.

Mantan penyerang Juventus itu memenuhi harapan dan melanjutkan kesuksesan, meraih dua Scudetti, dua Liga Champions dan satu Piala Dunia Antarklub.

Striker yang dikenal dengan sebutan Raja Offside itu lalu pensiun pada Juli 2012, dengan 300 pertandingan kompetitif untuk Rossoneri dan 126 gol. Sejak Inzaghi pergi dan meninggalkan nomor punggung 9, mayoritas penerusnya selalu mengalami ketidakberuntungan.

Sekarang, Mandzukic telah tiba untuk memikul beban No. 9. Mantan penyerang Juventus, yang berulang tahun ke-35 pada Mei, telah mencetak 197 gol dalam 497 pertandingan kompetitif, termasuk saat bersama Wolfsburg, Atletico Madrid dan Bayern Munchen.

Akankah mantan pemain Timnas Kroasia itu berhasil di samping Zlatan Ibrahimovic dan mematahkan mantra kutukan No. 9 di AC Milan?

Video

2 dari 9 halaman

Gonzalo Higuain

Penyerang AC Milan, Gonzalo Higuain, gagal mengeksekusi penalti dan mendapatkan kartu merah saat menghadapi Juventus pada laga pekan ke-12 Serie A, Minggu (11/11/2018). (AFP/Miguel Medina)

Pemain Argentina itu tiba dengan status pinjaman dari Juventus pada musim panas 2018, tetapi masa tinggalnya di San Siro tidak berlangsung lama. Dengan delapan gol dalam 22 pertandingan, rekornya bukanlah yang terburuk, lalu mantan pemain Napoli itu pindah untuk bergabung dengan Maurizio Sarri di Chelsea setelah enam bulan.

 

3 dari 9 halaman

Krzysztof Piatek

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek, memperhatikan rekannya saat melawan Empoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Jumat (22/2). Milan menang 3-0 atas Empoli. (AFP/Marco Bertorello)

Tiba pada Januari 2019 setelah musim yang mengesankan bersama Genoa, di mana ia menyelesaikan musim pertamanya di Italia dengan 30 gol di semua kompetisi, Piatek terkena kutukan No. 9. Ia hanya mencetak 14 gol dalam 41 pertandingan selama setahun sebelum pindah ke Hertha BSC pada Januari 2020.

4 dari 9 halaman

Andre Silva

2. Andre Silva - Bomber asal Portugal ini dibeli AC Milan pada musim 2017/2018 dengan mahar sebesar 38 juta euro atau setara dengan Rp653 miliar. Gagal menunjukan performa apik di San Siro, akhirnya ia dipinjamkan ke Sevilla dan saat ini resmi menjadi pemain Eintracht Frankfurt. (AFP/Miguel Medina)

Ada harapan besar ketika André Silva tiba pada Juli 2017, tetapi penyerang tengah muda itu kesulitan untuk memenuhi harapan besar tersebut. Pemain berusia 25 tahun itu mulai mencetak gol di Eintracht Frankfurt di Bundesliga Jerman, tetapi ia meninggalkan Milan setelah hanya mencetak 10 gol dalam 41 pertandingan kompetitif.

 

5 dari 9 halaman

Gianluca Lapadula

5. Gianluca Lapadula - Bersinar di Serie B mengantarnya gabung AC Milan, namun dirinya gagal bersinar dan dibuang ke Genoa. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)

Lapadula tiba dari Pescara pada Juli 2016, setelah mencetak 30 gol dalam 44 pertandingan Serie B, termasuk play-off promosi. Tapi dia tidak pernah berhasil menembus posisi utama di Giuseppe Meazza, dengan delapan gol dalam 29 pertandingan untuk Rossoneri, akhirnya pindah setelah satu musim.

 

6 dari 9 halaman

Luiz Adriano

Striker AC Milan, Luiz Adriano, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Napoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Italia, Minggu (4/12/2016). (AFP/Olivier Morin)

Striker Brasil ini sukses bersama Shakhtar Donetsk di Ukraina, tetapi setelah mengenakan kostum No .9 di Diavolo terbukti terlalu sulit. Setelah musim awal dengan empat gol dari 26 pertandingan Serie A pada 2015/2016, ia coba berganti ke No. 7. Sayang, itu tak juga berhasil dan ia pindah ke Spartak Moscow pada 2017 dengan status bebas transfer.

7 dari 9 halaman

Fernando Torres

3. Fernando Torres - Nama besar tidak cukup membuatnya bersinar di AC Milan, hanya mencetak satu gol selama membela Rossoneri. (Photo by OLIVIER MORIN / AFP)

Striker Spanyol ini kesulitan untuk bangkit di paruh pertama 2014/2015, karena tidak pernah pulih sepenuhnya dari cedera dan tidak pernah benar-benar menunjukkan potensi penuhnya selama bertugas di Milan. Dia menghabiskan enam bulan di San Siro, mencetak satu gol dalam 10 penampilan bersama Rossoneri.

8 dari 9 halaman

Mattia Destro

2. Mattia Destro - Mencetak tiga gol dari 15 laga membuatnya hanya bertahan enam bulan di AC Milan sebelum pindah ke Bologna. (Photo by OLIVIER MORIN / AFP)

Mattia Destro tiba dengan status pinjaman dari Roma untuk menggantikan Torres pada paruh kedua musim, tetapi dia tidak berhasil meyakinkan di Rossoneri. Destro, yang telah menunjukkan tanda-tanda masa depan yang menjanjikan bersama skuad Primavera Inter, pindah setelah paruh kedua musim dengan tiga gol dalam 15 pertandingan.

9 dari 9 halaman

Alessandro Matri

1. Alessandro Matri - Pemain binaan AC Milan ini hanya mampu mencetak satu gol selama memakai jersey Rossoneri. (Photo by OLIVIER MORIN / AFP)

Mantan pemain muda AC Milan pulang kampung untuk musim 2013/2014 setelah sukses bersama Cagliari dan Juventus. Tetapi kepulangannya ke San Siro tidak berhasil bagi mantan pemain Timnas Italia itu. Ia lantas dipinjamkan ke Fiorentina pada Januari 2014, setelah 15 pertandingan di Serie A dan hanya mengoleksi satu gol.

Berita Terkait