Laga Dramatis Diwarnai 2 Kartu Merah, Persib Tekuk Persebaya dan Melaju ke Semifinal Piala Menpora

oleh Aditya Wany diperbarui 11 Apr 2021, 20:27 WIB
Para pemain Persib Bandung merayakan gol kedua yang dicetak oleh striker Wander Luiz (tengah) ke gawang Persebaya Surabaya dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Sleman - Persib Bandung sukses melaju ke semifinal Piala Menpora 2021 setelah menang 3-2 dalam laga perempat final. Mereka menundukkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-2 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021) malam.

Persib Bandung langsung mengawal pertandingan ini dengan serangan cepat. Belum semenit berjalan, Maung Bandung berhasil mencetak gol pertama setelah melalui skema tendangan sudut. Bola sempat dihalau bek Persebaya, Rizky Ridho, yang mengenai tiang.

Advertisement

Ricky Kambuaya kemudian berniat membuang bola itu. Petaka menghampiri Persebaya karena bola berhasil dikuasai oleh pemain Persib, Ezra Walian, yang melepas tembakan terarah. Bola mulus masuk ke gawang Satria Tama yang hanya melongo melihat jalanya bergetar.

Dalam situasi unggul 1-0, Persib sama sekali tidak menurunkan tensi serangan. Tim arahan Robert Alberts itu mampu menggandakan keunggulan pada menit keenam.

Ini berawal dari umpan yang dikirim oleh Ezra Walian yang bermain sebagai gelandang di laga ini. Bola berhasil diterima oleh Frets Butuan yang menyisir sisi kiri serangan.

Barisan pertahanan Persebaya yang kosong melompong memudahkannya mencari celah. Frets mengirim umpan pada striker Wander Luiz yang mudah menceploskan bola ke gawang Persebaya. Skor 2-0 untuk Persib.

Persebaya berusaha membalas dua gol cepat Persib dengan mengambil alih permainan. Namun, Rachmat Irianto dkk. terlihat kebingungan dan kesulitan menembus barisan pertahanan Persib yang sangat rapat.

Peluang pertama Bajul Ijo lahir dari sepak pojok yang dilepaskan oleh Ricky Kambuaya pada menit kedelapan. Bola tepat mengarah ke Rizky Ridho. Sayang, sundulannya masih melambung di atas mistar gawang Teja Paku Alam.

Kedua tim bermain saling menyerang meski bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah sampai cooling break. Persebaya lagi-lagi harus rela melihat gawangnya terbobol memasuki menit ke-37 pertandingan.

Frets Butuan lagi-lagi menjadi aktor di balik lahirnya gol Persib. Pemain berusia 24 tahun itu mengirim tendangan pojok yang tepat mengarah ke bek Nick Kuipers.

Sentuhan pertama lewat sundulan pemain berpaspro Belanda itu berhasil menjebol gawang Persebaya. Satria Tama seperti sebelumnya hanya melongo melihat gawangnya kebobolan. Skor 3-0 untuk Persib.

Dalam kondisi tertinggal, Persebaya kembali mengalami nasib sial di injury time babak pertama. Mereka harus bermain dengan 10 personel saja. Satria Tama mendapat kartu merah setelah menepis bola tendangan striker Persib Bandung, Wander Luiz, di luar kotak penalti.

 

Video

2 dari 3 halaman

Persebaya Bangkit, tapi...

Striker Persebaya Surabaya, Marcelino Ferdinan (tengah) berusaha melewati bek Persib Bandung, Ardi Idrus (kedua dari kanan) dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persebaya Surabaya mengawali babak kedua dengan beban berat. Anak asuh Aji Santoso tertinggal tiga gol dan harus berjuang dengan 10 pemain saja di paruh kedua. Tapi, Persib Bandung tetap mendominasi permainan.

Persebaya akhirnya mencetak gol balasan berkat sundulan dari bek Arif Satria pada menit ke-62. Dia sukses memanfaatkan umpan tendangan bebas terarah yang dilepaskan oleh bek kiri Alwi Slamat.

Gol yang dicetak Arif Satria ini tetap disahkan wasit meski dalam tayangan ulang terlihat Arif Satria dalam posisi offside. Asisten wasit juga tidak mengangkat bendera.

Gol ini membuka harapan buat Persebaya untuk bisa menyamakan kedudukan sebelum waktu normal berakhir. Sebaliknya, Persib terpaksa harus bermain dengan 10 personel juga karena Wander Luiz mendapat kartu merah karena dianggap melakukan pelanggaran pada menit ke-64.

Persitiwa ini membuat Persebaya berkesempatan untuk mencetak gol balasan lagi lewat tendangan bebas. Sayangnya, tembakan Alwi Slamat yang menjadi algojo masih melambung di atas gawang Persib.

Bajul Ijo tampil semakin agresif dengan situasi jadi berimbang mengingat kedua tim sama-sama hanya memiliki 10 pemain. Peluang emas lagi-lagi lahir lewat Ricky Kayame, namun bola sundulannya tepat mengarah ke Teja Paku Alam.

Persib memilih untuk bertahan karena sudah unggul. Upaya serangan Persebaya kemudian membuahkan hasil dengan mereka menambah gol.

Aktor di balik gol ini adalah Alwi Slamat lagi yang mengirim umpan dari tendangan bebas pada masa injury time. Mokhamad Syaifuddin sukses memanfaatkan bola melambung dengan sundulan yang membuat Teja Paku Alum memungut bola dari gawangnya. Skor 3-2 masih keunggulan untuk Persib.

Pada detik-detik terakhir pertandingan, Supriadi mendapat peluang penting untuk mencetak gol. Namun, bola tertahan di kotak penalti dan pemain Persebaya menganggap ada handball. Wasit bergeming dan meniup peluit panjang.

Persib sukses mengantongi kemenangan 3-2 di laga ini dan melaju ke semifinal. Mereka akan berjumpa dengan pemenang laga antara PSS Sleman dan Bali United yang bakal digelar pada Senin (12/4/2021).

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Striker Persib Bandung, Wander Luiz (kiri) melakukan selebrasi bersama Victor Igbonefo usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Persebaya Surabaya dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M

 

  • Persib Bandung (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Dedi Kusnandar, Farshad Noor, Ezra Walian (tengah); Febri Hariyadi, Wander Luiz, Frets Butuan (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
  • Persebaya Surabaya (4-3-3): Satria Tama (kiper); Koko Ari Araya, Arif Satria, Rizky Ridho, Alwi Slamat (belakang); Rachmat Irianto, Ady Setiawan, Muhammad Hidayat (tengah); Marselino Ferdinan, Rifaldi Bawuo, Ricky Kambuaya (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso

Berita Terkait