Drama Persib Vs Persebaya: Gol Tercepat Piala Menpora, 2 Kartu Merah, dan Nyaris Comeback di Injury Time

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 11 Apr 2021, 22:30 WIB
Kiper Persebaya Surabaya, Satria Tama (tengah) diusir wasit Agus Fauzan Arifin usai mendapat kartu merah dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Sleman - Di babak pertama, satu kaki Persib Bandung telah menginjak semifinal Piala Menpora 2021. Memasuki paruh kedua, tim berjulukan Pangeran Biru itu tergelincir. Untungnya, Frets Butuan dan kawan-kawan masih mampu menahan beban untuk terus melaju ke empat besar.

Begitulah gambaran singkat pertarungan Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya pada perempat final Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021).

Advertisement

Baru juga beberapa detik pertandingan berjalan, Persib Bandung telah unggul. Tendangan melengkung Ezra Walian menyasar ke jala kiri gawang Persebaya. Gol dari penyerang naturalisasi itu sekaligus menjadi yang tercepat di Piala Menpora.

Persib Bandung kian di atas angin setelah sontekan Wander Luiz pada menit keenam menggandakan keunggulan Persib Bandung atas Persebaya.

Pangeran Biru belum puas. Buktinya, Persib Bandung terus menyerang pertahanan Persebaya. Hasilnya, Nick Kuipers berhasil mencetak gol ketiga melalui sundulan pada menit ke-30.

Di perpanjangan waktu babak pertama, Persebaya harus bermain dengan sepuluh orang. Pasalnya, kiper Satria Tama dikartu merah wasit setelah dianggap memegang bola di luar kotak penalti.

Para pemain Persib Bandung bisa santai menyambut paruh kedua.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Drama Dimulai

Striker Persebaya Surabaya, Rifaldi Bowo (kiri) berebut bola dengan bek Persib Bandung, Ardi Idrus dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Namun, drama itu baru dimulai. Persebaya justru semakin bernafsu untuk mengejar ketertinggalan. Kalah jumlah pemain bukan masalah bagi tim berjulukan Bajul Ijo ini.

Persebaya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 via tandukan dari Arif Satria pada menit ke-62.

Kans Bajul Ijo untuk mengejar Persib Bandung kian terbuka lebar dua menit berselang. Pasalnya, jumlah pemain kedua tim menjadi imbang setelah Wander Luiz menyusul Satria Tama ke luar lapangan.

Bomber asal Brasil itu diganjar kartu merah akibat dinilai menampar pemain Persebaya.

Di sisa waktu pertandingan, Persebaya terus menekan Persib Bandung. Namun, hasilnya baru berbuah di masa injury time. Sundulan Mokhamad Syaifudin pada menit ke-90+3 berhasil masuk tepat sasaran. Pangeran Biru semakin terdesak.

3 dari 5 halaman

Persebaya Klaim Penalti

Striker Persebaya Surabaya, Marcelino Ferdinan (tengah) berusaha melewati bek Persib Bandung, Ardi Idrus (kedua dari kanan) dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Beberapa detik sebelum peluit panjang, para pemain Persebaya meminta hadiah penalti kepada wasit Agus Fauzan Arifin. Gara-garanya, tendangan Samsul Arif diklaim membentur tangan personil Pangeran Biru di kotak penalti.

Namun, Agus Fauzan tetap bergeming. Pengadil pertandingan asal Yogyakarta itu menganggap sepakan Samsul Arif tidak diblok oleh tangan pemain Persib Bandung.

Keputusannya sempat dipertanyakan. Dua sampai tiga pemain Persebaya mengerubungi Agus Fauzan. Untungnya, protes berjalan normal. Samsul Arif dan kawan-kawan menerima ketentuan itu dengan lapang dada.

4 dari 5 halaman

Persib Menunggu Lawan

Striker Persib Bandung, Ezra Walian (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Persebaya Surabaya dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kemenangan ini bikin Persib Bandung melaju ke semi final Piala Menpora. Namun, Pangeran Biru masih menunggu lawan di empat besar.

Persib Bandung akan berhadapan dengan pemenang dari partai PSS Sleman kontra Bali United. Kedua tim bakal bertanding pada Senin (12/4/2021) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Sementara itu, dua tiket di semifinal telah digenggam PSM Makassar dan Persija Jakarta. Kedua kesebelasan bakal mengulang rivalitas di penyisihan grup demi tiket menuju final Piala Menpora.

5 dari 5 halaman

Hasil Persib Vs Persebaya

Para pemain Persib Bandung merayakan gol kedua yang dicetak oleh striker Wander Luiz (tengah) ke gawang Persebaya Surabaya dalam laga perempatfinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib Bandung 3-2 Persebaya Surabaya

(Ezra Walian 1', Wander Luiz '6, Nick Kuipers 30' - Arif Satria 60', Mokhamad Syaifudin 90+3')

Berita Terkait