3 Winger Ganas yang Tampil Memesona Selama Piala Menpora: Sukses Bawa Tim ke Final

oleh Aditya Wany diperbarui 24 Apr 2021, 10:15 WIB
Piala Menpora - Osvaldo Haay, Frets Butuan, Riko Simanjuntak (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Surabaya - Piala Menpora 2021 sebentar lagi rampung dan menghasilkan tim yang meraih trofi juara. Persija Jakarta menjadi kandidat kuat karena sudah memetik kemenangan atas Persib dalam leg pertama partai final.

Persija Jakarta menang 2-0 atas Persib Bandung dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Penentu juara turnamen pramusim ini bakal digelar pada leg kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021) malam.

Advertisement

Duel pada leg pertama final telah melahirkan pertempuran seru meski Persib tak berhasil membalas gol. Para pemain masing-masing tim benar-benar menunjukkan permainan atraktif dan saling menyerang.

Permainan khas sepak bola Indonesia dengan mengandalkan pemain sayap juga tersaji. Selama Piala Menpora 2021, beberapa pemain sayap mampu unjuk kemampuan dan membukukan statistik yang impresif.

Bola.com telah merangkum tiga pemain sayap yang tampil ciamik selama Piala Menpora 2021. Simak ulasan berikut ini:

 

Video

2 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak saat melawan Persib Bandung pada laga final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Persija menang dengan skor 2-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penampilan pemain sayap Riko Simanjuntak juga patut diacungi jempol selama Piala Menpora 2021. Dia bisa mendapatkan celah untuk mengancam Persib di final. Riko juga tercatat membukukan dua tembakan yang semuanya berhasil diblok lawan.

Jangan lupakan status Riko sebagai kreator lahirnya dua gol Persija. Gol pertama tercipta bermula dari tembakan Riko yang membentur Taufik Hidayat sebelum diselesaikan oleh Braif Fatari. Lalu, gol kedua tembakan Taufik juga hasil umpan dari Riko.

Pemain berusia 29 tahun ini tercatat selalu tampil dalam tujuh pertandingan di Piala Menpora 2021, meski tak selalu masuk starting eleven. Total, Riko telah membukukan tiga assist dari 105 umpan berhasil.

 

3 dari 4 halaman

Frets Butuan

Pemain Persib Bandung, Frets Listanto Butuan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Rabu (24/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Frets Butuan terbilang lengkap sebagai pemain yang menghuni lini serang. Dia beroperasi di sisi kiri sayap Persib Bandung dan mampu memberikan pengaruh penting untuk timnya. Catatan statistiknya juga paling mentereng dibanding pemain lain di Piala Menpora 2021.

Total, winger asal Ternate itu telah membukukan tiga gol dan dua assist dalam tujuh pertandingan di Piala Menpora 2021. Dua assist yang telah dicatatkannya itu lahir saat Persib menumbangkan Persebaya Surabaya di perempat final.

Pemain berusia 24 tahun itu benar-benar meneruskan konsistensinya dalam berperan sebagai juru gedor andalan Persib. Dia beberapa kali melakukan tusukan dan dribel berbahaya di area pertahanan lawan.

Koleksi tiga gol dan dua assist selama Piala Menpora 2021 membuatnya menjadi kandidat kuat peraih gelar pemain terbaik turnamen ini. Konsistensinya sejak fase grup menjadi acuan. Sayang, dia gagal menyumbang gol atau assist dalam leg pertama final melawan Persija.

 

4 dari 4 halaman

Osvaldo Haay

Pemain PSM Makassar berusaha menghadang pergerakan pemain Persija Jakarta, Osvaldo Ardiles Haay (kiri), dalam pertandingan Babak Penyisihan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Senin (22/3/2021). (Bola.com/Arief Bagus)

Winger asal Jayapura ini juga selalu tampil dalam tujuh pertandingan Persija Jakarta. Catatan statistiknya tidak terlalu mentereng karena hanya berkontribusi terhadap dua gol Macan Kemayoran. Tapi, dia selalu berhasil mencuri perhatian dalam setiap pertandingan.

Osvaldo Haay selalu keluar sebagai pemain dengan jumlah total tembakan terbanyak, meski hanya dua yang berbuah gol. Total, dia telah melepas 12 tembakan dengan 11 di antaranya tepat sasaran, hanya satu yang meleset.

Performanya di lapangan selalu melahirkan ancaman terhadap pertahanan lawan. Pemain berusia 23 tahun ini kerap muncul sebagai alternatif saat Persija sedang buntu dalam mencetak gol.

Berita Terkait