CdM Minta Bulutangkis Sumbang 4 Emas di Asian Games 2018

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Jan 2018, 15:15 WIB
Diperbarui 11 Jul 2018, 17:06 WIB
CdM Asian Games 2018, Pelatnas Cipayung

Bola.com, Jakarta - Chef de Misson (CdM) Asian Games 2018, Komjen Sjafruddn, mengunjungi pelatnas bulutangkis di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (17/1/2018). Dalam kunjungan tersebut, Sjafrudin menyampaikan harapannya supaya bulutangkis dapat menyumbangkan empat emas di Asian Games. 

"Kami meyakini belum ada cabang lain yang mencapai prestasi seperti bulutangkis. Kita harus bersyukur, Indonesia tetap disegani karena bulutangkis. Tapi, kami juga sempat miris karena prestasi bulutangkis menurun dalam satu dekade terakhir," kata Sjafryddin, yang didampingi Wakil Ketua PBSI Alex Tirta, Sekretaris Jenderal PBSI Achamd Budiarto, dan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Susy Susanti. 

"Sekarang prestasi bulutangkis sudah meningkat dan harus mulai ditingkatkan lagi saat Asian Games. Asian Games kemungkinan dapat tiga emas, tapi saya rasa empat," sambung dia. 

Rombongan CcM Olimpiade disambut pemain-pemain terbaik pelatnas, seperti ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, hingga Greysia Polii/Liliyana Natsir. Setelah itu, Sjafruddin menyampaikan wejangan kepada para pemain selama sekitar 15 menit. 

"Dalam mengangkat perjuangan mengangkat harkat dan martabat bangsa, ada tiga hal yang bisa dilakukan. Pertama ketika negara itu ekonominya kuat, militernya kuat, dan olahraganya kuat. Saya tak ingin bicara ekonomu atau militer, tapi olahraga," kata Sjafruddin. 

"Indonesia bisa disegani ketika olahraganya kuat dan prestasinya maksimal. Dan itu bisa datang dari olahraga bulutangkis," sambung dia. 

Selain memberi wejangan kepada para pemain, CdM Asian Games juga meninjau fasilitas pendukung di Pelatnas Cipayung. Dia kemudian juga berbincang secara terpisah dengan pengurus PBSI. 

Pada Asian Games 2018, ada tujuh emas yang diperebutkan dari cabang bulutangkis. Lima emas dari nomor perorangan, sedangkan dua emas lainnya dari nomor beregu.