PSSI Merencanakan Anniversary Cup Jadi Test Event Sepak Bola Asian Games

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Feb 2018, 15:15 WIB
Diperbarui 21 Feb 2018, 15:15 WIB
Kongres PSSI, PSSI, Bola.com, Ratu Tisha, Kongres Tahunan PSSI
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat mengikuti Kongres PSSI 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang (13/1/2018). Salah satu agenda Kongres PSSI 2018 adalah revisi Statuta. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - PSSI berencana menggelar Anniversary Cup dalam rangka ulang tahun federasi sepak bola Indonesia itu pada April 2018. Rencananya, Anniversary Cup menjadi ajang test event cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018

Setelah gagal menggelar test event bersama delapan cabang olahraga lain pada Februari 2018, PSSI berencana menjadikan Anniversary Cup 2018 sebagai pengganti test event tersebut. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut kegiatan itu akan digelar pada akhir April hingga awal Mei 2018.

"Menyambut ulang tahun PSSI pada 19 April 2018, kami akan mengadakan turnamen bertajuk Anniversary Cup yang akan bergulir pada 27 April hingga 6 Mei. Pesertanya ada empat, termasuk Indonesia. Saat ini sudah ada Bahrain dan Malaysia yang siap untuk ikut serta. Kami juga sudah mengajukan proposal untuk mengundang satu tim dari Asia Timur dan Asia Barat," ujar Ratu Tisha Destria di Kantor Kemenpora, Rabu (21/2/2018).

Anniversary Cup pada awalnya hanya sekadar turnamen sebagai rangkaian peringatan ulang tahun PSSI ke-88. Kegiatan tersebut awalnya ingin digelar di Jawa Timur.

Namun, Ratu Tisha Destria kemudian menyampaikan kegiatan tersebut akan menjadi test event mandiri yang dilakukan PSSI dalam persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Asian Games 2018. PSSI berharap satu di antara stadion yang akan digunakan cabang olahraga dalam Asian Games 2018 bisa menjadi venue untuk test event tersebut.

"Kami berharap bisa digelar di Stadion Pakansari. Namun, hingga saat ini kami masih harus menunggu dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait. Stadion Pakansari saat ini masih dalam tahap renovasi seperti venue untuk sepak bola lainnya. Namun, kami berpikir untuk menggunakan Pakansari," ujar Ratu Tisha.