AFC Kirim Delegasi untuk Inspeksi Venue Sepak Bola Asian Games 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Mar 2018, 15:15 WIB
Stadion Wibawa Mukti, Cikarang

Bola.com, Bekasi - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengirimkan delegasi teknis ke Indonesia untuk memantau pembenahan venue pertandingan sepak bola yang akan digunakan untuk Asian Games 2018.

Rencananya, dalam satu pekan, delegasi AFC itu akan memantau semua sarana yang berkaitan dengan pelaksanaan sepak bola Asian Games, termasuk sarana di stadion dan fasilitas bagi tim selama berada di Indonesia.

AFC mengirimkan empat orang delegasi teknis untuk melakukan inspeksi. Secara langsung mereka melihat kesiapan stadion yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola Asian Games 2018, mulai Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Wibawa Mukti, dan Stadion Si Jalak Harupat yang akan digunakan untuk sepak bola putra, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya, yang akan digunakan untuk sepak bola putri.

Kesiapan stadion yang diperiksa antara lain rumput lapangan, ruang ganti pemain, ruang medis, ruang doping, media center, dan ruang konferensi pers. Tribun media, ruang VIP dan VVIP, serta akses masuk dan keluar stadion pun menjadi perhatian anggota delegasi.

Selain stadion, delegasi dari AFC itu juga akan melakukan inspeksi beberapa lapangan yang rencananya menjadi tempat latihan tim peserta. Satu di antara anggota delegasi bernama Lin Xio Hua, menyampaikan harapannya seluruh venue bisa disiapkan dengan standar AFC.

"Kami ingin mendapatkan laporan kemajuan pembenahan dari setiap stadion. Kami juga sudah memberikan masukan dan catatan sehingga nanti bisa sesuai dengan spesifikasi yang kami inginkan," ujar Lin Xio Hua seperti dilansir situs resmi PSSI.

Hotel yang akan digunakan untuk menginap kontingen sepak bola tidak luput dari inspeksi delegasi AFC itu. Untuk urusan akomodasi, Lin Xio Hua memberikan pujian karena penginapan yang disiapkan melebihi ekspektasi. Sementara delegasi asal Yordania, Farah Yahya Albadarneh lebih fokus kepada fasilitas pendukung seperti ruang makan, kolam renang, gym, dan ruang rapat.