Sukses


    Erick Thohir Siap Datangi Negara Peserta untuk Jelaskan Kondisi Keamanan Jelang Asian Games

    Bola.com, Jakarta - Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc), Erick Thohir, mengatakan hingga hari ini belum ada pertanyaan dari negara-negara peserta soal kondisi keamanan Indonesia setelah teror bom di Surabaya. Erick mengaku siap memberikan perjelasan dengan detail jika ke depan muncul pertanyaan dari negara peserta Asian Games 2018. 

    Keamanan perhelatan Asian Games 2018 menjadi perhatian khusus setelah tragedi bom mengguncang Surabaya pada Minggu (13/5/2018) dan Senin (14/5/2018). Teror tersebut terjadi hanya tiga bulan sebelum perhelatan akbar Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. 

    Erick mengatakan sejauh ini persiapan masih berjalan seperti biasa. Panitia Asian Games terus menyiapkan pengamanan sesuai standar internasional seperti yang disyaratkan Olympic Council of Asia (OCA). 

    "Sampai hari ini belum ada pertanyaan dari negara-negara peserta, belum tahu kalau besok. Kalau nanti ada mempertanyakan soal kondisi keamanan Indonesia pasca teror bom ini, kami siap menjelaskan. Kalau perlu kami siao datang ke negara peserta untuk menjelaskan," kata Erick Thohir, dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin. 

    "Saya juga berharap media juga memberikan respons positif sehingga Asian Games bisa berlangsung baik dan aman," sambung Erick. 

    Erick mengatakan pertemuan terakhir dengan OCA digelar bersamaan dengan insiden napi teroris di Mako Brimob, yang menyebabkan lima polisi meninggal. Saat itu, pada acara makam malam OCA meminta presentasi soal keamanan diulang. 

    "Mereka melihat apa yang sudah kami lakukan sudah sesuai dengan standar internasional. Makanya kami akan berusaha melakukan persiapan secara maksimal untuk meninimalisir risiko," tegas Erick. 

    Erick Thohir mengatakan Inasgoc juga terus menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait soal keamanan menjelang dan saat Asian Games. Dia juga mengundang partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat. 

    "Asian Games 2018 akan lebih sukses jika masyarakat terlibat. Kami, masyarakat, dan pihak-pihak terkait harus memastikan Asian Games berjalan baik, baik dari sisi penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, hingga pariwiasata," tegas Erick Thohir. 

     

    Video Populer

    Foto Populer