Menpora: Presiden Jokowi Tekankan 3 Poin Penting Terkait Persiapan Asian Games

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 29 Mei 2018, 07:40 WIB
Presiden Jokowi Pimpin Ratas Persiapan Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menekankan tiga poin penting demi menyukseskan Asian Games 2018. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan para menteri dan gubernur terkait persiapan

Pada rapat tersebut hadir Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menkopolhukam Wiranto.

Lalu ada Menpar Arief Yahya, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaita, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Mensesneg Pratikno.Selain itu, hadir pula Ketua INASGOC Erick Thohir dan Ketua KONI Tono Suratman.

Poin pertama yang dibahas dalam rapat tersebut adalah persiapan venue. Menurut Imam Nahrawi, Presiden Jokowi, meminta agar seluruh venue yang akan digunakan bisa rampung paling lambat akhir Juni 2018.

"Tadi membahas penyelenggaraan berupa kesiapan venue. Presiden betul-betul meminta akhir Juni 2018 semua venue harus selesai baik yang berada di Gelora Bung Karno maupun Jakabaring Sports Center," kata Imam Nahrawi kepada wartawan di kediaman dinasnya di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Poin kedua yang dibahas antara lain terkait prestasi para atlet. Menargetkan posisi 10 besar klasemen perolehan medali di Asian Games, Presiden Jokowi meminta para induk olahraga untuk segera memetakan atlet dan nomor pertandingan yang berpotensi meraih medali emas.

"Presiden meminta penjelasan lebih detail terkait cabang olahraga dan nomor olahraga (yang berpotensi meraih medali). Termasuk siapa pesaing atletnya. Kita masih punya sisa waktu kira-kira sebulan untuk mempersiapkannya," jelas Imam Nahrawi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta event Asian Games 2018 sekaligus menjadi ajang promosi kebudayaan Indonesia. Imam mengatakan, prosesi upacara dan penutupan nanti harus mencirikan karakter budaya bangsa.

"Terkait penyelenggaraan, Presiden menginginkan promosi melibatkan seluruh masyarakat. Jadi, pada opening dan closing nanti baiknya semuanya soal-soal budaya, tradisi, dan ciri khas ke-Indonesia-an yang ditonjolkan," ucap Imam Nahrawi.

Asian Games 2018 akan diikuti 45 negara peserta. Pada event ke-18 itu akan mempertandingan 462 nomor dalam 40 cabang olahraga yang digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September mendatang.