AFC Nilai Indonesia Siap Gelar Asian Games 2018

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Jun 2018, 21:35 WIB
Drainase Buruk, Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi

Jakarta Empat stadion yang akan menjadi venue cabang olahraga (cabor) sepakbola di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ditinjau Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Empat stadion tersebut adalah Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Ini merupakan kali kedua AFC memantau stadion yang menjadi venue Asian Games. Sebelumnya, induk sepak bola Asia tersebut telah mengecek Stadion Gelora Sriwijaya dan Bumi Sriwijaya (Palembang). Adapun, dua stadion ini telah diplot untuk menghelat cabor sepak bola wanita Asian Games.

Delegasi AFC dari Departemen Kompetisi, Brian See didampingi oleh Direktur Kompetisi PSSI Ronny Suhatril, Direktur Keanggotaan PSSI Dessy Arfianto, dan INASGOC, memantau empat stadion tersebut pada 3-8 Maret lalu. Dilansir dari laman resmi PSSI, keempat stadion tersebut diperiksa secara detail, menyeluruh, dan lengkap.

"Progresnya cepat sekali bila kita bandingkan saat pertama kali datang ke sini pada Maret lalu. Mungkin ada beberapa bagian yang harus di finalisasi lagi. Namun secara keseluruhan Indonesia sudah siap untuk sepak bola," ujar Brian See terkait venue cabor sepak bola Asian Games.

"Venue-venue untuk sepak bola wanita di Palembang dan sepak bola pria di Bandung, Bogor dan Bekasi kami nyatakan sudah layak untuk jadi venue Asian Games,” katanya menambahkan.

2 of 3

Cek Tempat Latihan

Drainase Buruk, Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi
Petugas membuat lubang resapan untuk menguras air yang menggenangi lapangan di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (13/11/2017). Drainase yang buruk menyebabkan lapangan terendam air. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tidak hanya stadion, rombongan tersebut juga memeriksa lapangan latihan yang akan digunakan oleh peserta Asian Games cabor sepak bola. Adapun, tempat latihan yang bakal dipakai adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Arcamanik, Lapangan ITB, Lapangan Unpad, Lapangan Sutasoma, Lapangan LFA, Lapangan ABC, Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran Bogor.

"Semua venue stadion menunjukkan progres yang baik. Terima kasih dan apresiasi kepada Inasgoc dan Kementerian PU PR yang telah mengerjakan, menyempurnakan dan melengkapi kelengkapan stadion dan tempat-tempat latihan cabang sepak bola yang sudah disampaikan Tecnical Delegate beberapa waktu lalu. Kami yakin semua akan siap untuk sukseskan Asian Games. Nanti pada bulan Juli akan ada inspeksi terakhir oleh AFC," kata Ronny Suhatril.

3 of 3

Permintaan PSSI

PSSI meminta Kementerian PU PR dan Inasgoc untuk terus memberikan pengawasan terhadap venue cabor sepak bola Asian Games. Terutama pada titik-titik vital seperti rumput lapangan.

"PSSI juga meminta Kementerian PU PR dan Inasgoc untuk terus memberikan pengawasan, terkait pengerjaan finalisasi stadion, seperti perawatan rumput hingga kelengkapan stadion yang sudah masuk dalam catatan technical delegate. Sehingga pelaksanaan Asian Games nantinya bisa optimal dan sukses," tutur Ronny mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓