Sukses


    Juara Dunia Sambangi Tim Indonesia Paralayang Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Cabang olahraga paralayang untuk pertama kalinya akan digelar di Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Saat ini Pengurus Besar Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (PB FASI) mempersiapkan 18 atlet yang mengikuti pelatnas untuk turun di cabang olahraga tersebut.

    Pelatnas paralayang digelar di Gunung Mas, Puncak, Jawa Barat. PB FASI sempat membawa Bruce Goldsmith, juara dunia lintas alam paralayang 2007 untuk melihat persiapan atlet-atlet paralayang Indonesia bersaing di pesta olahraga Asia yang digelar di Indonesia itu.

    Pelatnas paralayang digelar sejak 1 Juni 2018, di mana 18 atlet andal Indonesia disiapkan untuk Asian Games 2018. Bruce Goldsmith menyebut para pilot, sebutan atlet paralayang, Indonesia sudah memiliki pengalaman terbang yang jauh tapi masih kurang efisien.

    "Lumayan, sudah pernah terbang sejauh 25 kilometer. Mereka sudah bagus tekniknya, hanya kurang efisien saja terbangnya," ujar Goldsmith seperti dalam rilis yang diterima Bola.com.

    "Pilot tidak boleh banyak membuat banyak gerakan yang tidak perlu. Akibatnya parasut bisa hilang ketinggian dan terpaksa mendarat. Padahal, belum semua dikerjakan dan gagal mencapai finis. Dalam lomba lintas alam, itu jelas merugikan pilot," lanjutnya.

    Namun, mantan pilot asal Inggris itu juga mengagumi performa pilot muda yang mengikuti pelatnas. Bruce pun mengingatkan agar pemerintah Indonesia, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengembangkan dan mempromosikan lokasi-lokasi baru untuk olahraga dirgantara dan wisata olahraga udara.

    "Anak-anak sekarang terlalu sering bermain gawai. Itu tidak baik untuk kesehatan. Mereka harus kembali ke alam di mana Indonesia memiliki alam yang luar biasa. Cintailah alam negeri Anda!" tegasnya.

    Dari 18 atlet yang mengikuti pelatnas untuk Asian Games 2018 pada awal Juni, akan diambil 12 pilot dengan detil 5 putri dan 7 putra untuk memperkuat Timnas Indonesia yang akan didaftarkan untuk Asian Games 2018.

    Cabang olahraga paralayang Asian Games 2018 akan berlangsung pada 18 hingga 31 Agustus 2018 di Gunung Mas, Puncak, Jawa Barat. Perkiraannya sebanyak 120 pilot asal 16 negara akan berpartisipasi untuk memperebutkan enam medali emas dari nomor Ketepatan Mendarat (KTM) perorangan putri dan putra, KTM beregu putri dan putra, serta XC beregu putri dan putra.

     

    2 dari 2 halaman

    Pelatnas Paralayang Indonesia untuk Asian Games 2018:

    Putri:

    1.      Eka Nesti Wulansari (Jawa Tengah, 24 tahun)

    2.      Ike Ayu Wulandari (Jawa Timur, 22)

    3.      Rika Wijayanti (Jawa Timur, 23)

    4.      Lis Andriana (Kalimantan Timur, 34)

    5.      Dr. Milawati Sirin (Jawa Barat, 47)

    6.      Nofrica Yanti (Sumatera Barat, 33)

    7.      Rina Kusumaningrum (Sumatera Barat, 30)

    8.      Tini Pertiwi (Jawa Tengah, 23)

     

    Putra:

    1.     Aris Afriansyah (Banten, 23)

    2.     Hening Paradigma (Jawa Tengah, 31)

    3.     Dr. Elisa Manueke (Jawa Tengah, 56)

    4.     Ardi Kurniawan (Jawa Timur, 28)

    5.     Thomas Widyananto (Jawa Tengah, 40)

    6.     Roni Pratama (Jawa Timur, 21)

    7.     Joni Efendi (Jawa Timur, 27)

    8.     Jafro Megawanto (Jawa Timur, 21)

    9.     Reza Christiyanto, S.Pi (Jawa Timur, 33)

    10.   Indra Lesmana (DKI Jaya, 22)

    Video Populer

    Foto Populer