INASGOC Benarkan Undian Ulang Sepak Bola Digelar di Malaysia Besok

Oleh Aning Jati pada 24 Jul 2018, 18:00 WIB
Sepak bola - Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Panpel Asian Games 2018 (INASGOC) membenarkan pengundian ulang cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018 dilakukan di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (26/7/2018), mulai jam 14.00 WIB.

"Iya, betul besok undian dilakukan di AFC," kata Harry Warganegara, Direktur Deputi I INASGOC, kepada Bola.com, Selasa (24/7/2018).

Namun, sejauh ini Harry mengaku masih belum mengetahui detail mekanisme undian. "Soal metode pengundian, masih menunggu dari AFC," imbuhnya.

Kabar pengundian ulang digelar pada Rabu, muncul pada Selasa pagi. Satu di antara yang membocorkan paling awal adalah Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Sesuai bocoran dari KFA yang dikutip Yonhap, seluruh peserta sebanyak 26 tim akan diundi ulang. AFC sejauh ini belum menjelaskan seperti apa proses pengundian ulang itu.

Pada drawing pertama di Jakarta, 5 Juli 2018, 24 tim peserta dibagi dalam enam grup berisi masing-masing empat tim. Dua tim teratas pada masing-masing tim serta empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melaju ke fase 16 besar.

Dengan penambahan jumlah peserta, menjadi 26 tim, dikabarkan nantinya jumlah grup masih tetap enam, namun ada dua grup yang berisi lima tim.

Rumor yang beredar, grup yang akan berisi lima tim itu adalah Grup B dan E. Sementara Grup A, C, D, dan F, tetap dihuni masing-masing empat tim.

Timnas Indonesia U-23 untuk sementara dipastikan berada di Grup A karena berstatus sebagai tuan rumah. Dengan begitu, Tim Garuda Muda akan bersaing dengan tiga tim lain di fase penyisihan grup.

Undian ulang cabor sepak bola putra Asian Games 2018 diundi ulang setelah muncul protes dari Uni Emirat Arab dan Palestina, yang mengklaim sudah mendaftar sesuai regulasi namun tak diikutkan dalam drawing pertama.