Sukses


    Begini Format Pengundian Ulang Sepak Bola Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyetujui proposal yang diajukan panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) terkait format pengundian ulang grup untuk cabang sepak bola.

    Dalam surat untuk INASGOC, Selasa (24/7/2018), OCA juga menjelaskan format undian ulang yang akan digelar di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (26/7/2018). 

    Menurut surat tersebut, OCA memenuhi permintaan INASGOC yang disampaikan melalui surat pada 23 Juli, supaya pengundian ulang tidak dilakukan menyeluruh.

    Palestina dan Uni Emirat Arab melakukan pengambilan undian secara terpisah, tanpa mengubah grup dari hasil pengundian awal. Dua negara tersebut akan masuk ke grup yang sudah ada. 

    "OCA akan mengapresiasi pengundian ulang dilaksanakan pada Rabu, 25 Juli, 2018, atas koordinasi AFC. Seluruh tim akan mendapatkan informasi hasil revisi grup," tulis OCA. 

    Dihubungi terpisah, Direktur Deputi 1 INASGOC, Harry Warganegara, membenarkan INASGOC memang meminta Palestina dan UAE diundi terpisah. INASGOC telah melobi negara-negara peserta, sebelum mengirim ke OCA pada 23 Juli. 

    "Setelah melakukan lobi-lobi, baru kami minta dukungan OCA," kata Harry ketika dihubungi Bola.com.

    "Kami berharap AFC mau mendengarkan arahan OCA," sambung Harry. 

    Dalam surat yang dikirim ke OCA pada 23 Juli, INASGOC menyatakan memahami pengundian ulang harus dilakukan karena Palestina dan Uni Emirat Arab belum masuk drawing karena kondisi yang tidak terduga.

    Namun, INASGOC meminta format khusus dalam pengundian ulang dan berharap OCA mendukung. Format pengundian yang diminta INASGOC seperti yang kini telah disetujui OCA, yaitu Palestina dan UEA diundi terpisah.   

    Pada drawing pertama di Jakarta, 5 Juli 2018, 24 tim peserta dibagi dalam enam grup berisi masing-masing empat tim. Dua tim teratas pada masing-masing tim serta empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melaju ke fase 16 besar.

    Dengan penambahan jumlah peserta, menjadi 26 tim, dikabarkan nantinya jumlah grup masih tetap enam, namun ada dua grup yang berisi lima tim. Rumor yang beredar, grup yang akan berisi lima tim itu adalah Grup B dan E. Sementara Grup A, C, D, dan F, tetap dihuni masing-masing empat tim.

    Timnas Indonesia U-23 untuk sementara dipastikan berada di Grup A karena berstatus sebagai tuan rumah. Dengan begitu, Tim Garuda Muda akan bersaing dengan tiga tim lain di fase penyisihan grup.

    Undian ulang cabor sepak bola putra Asian Games 2018 diundi ulang setelah muncul protes dari Uni Emirat Arab dan Palestina, yang mengklaim sudah mendaftar sesuai regulasi namun tak diikutkan dalam drawing pertama.

    Video Populer

    Foto Populer