Sukses


    Filipina Mundur, Bagaimana Peluang Timnas Basket Indonesia di Asian Games?

    Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Tim basket Filipina yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari Asian Games 2018. Lalu, apakah mundurnya Filipina berdampak pada Timnas Bakset Indonesia?

    Filipina memutuskan tidak berlaga di Asian Games 2018. Hal ini ditengarai sebagai buntut keributan dengan Australia kala bertanding pada Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 Zona Asia.

    Walhasil, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) menghukum 10 pemain Filipina yang tergabung di Federasi Bola Basket Filipina (SBP). Presiden SBP, Al Panlilio, mengatakan hukuman tersebut mereka tidak bisa mengirim tim terbaik untuk tampil di Asian Games 2018.

    "Kami tidak punya waktu dan kesempatan untuk mengirim tim yang optimal ke Asian Games. Kami akan fokus untuk membangun tim kualifikasi Kejuaraan Dunia FIBA selanjutnya," kata Al Panlilio.

    Filipina sejatinya tergabung di Grup B. Namun, mundurnya tim berjuluk Gilas Pilipinas membuat Grup B tinggal menyisakan Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

    Meski demikian, mundurnya Filipina ternyata tak banyak berdampak pada peluang Timnas Basket Indonesia untuk meraih medali emas di Asian Games 2018.

    Sebab, masih banyak tim bagus yang juga berpeluang jadi lawan terberat Timnas Basket Indonesia. Pasukan Fictor Roring berada di Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Thailand.

    Korea Selatan berpeluang jadi lawan terberat Timnas Basket Indonesia karena merupakan peraih medali emas edisi Asian Games sebelumnya. Selain itu ada Iran di Grup B yang merupakan peraih medali perak edisi 2010. Sementara itu, di Grup C ada Jepang yang jadi peraih medali perunggu pada edisi lalu.

    Video Populer

    Foto Populer