Sukses


    Raja dan Ratu Kolam Renang di Kancah Asian Games

    Bola.com, Jakarta - Renang menjadi satu di antara cabang olahraga bergengsi pada multievent, termasuk Asian Games dan Olimpiade. Cabor ini selalu menjadi sorotan, terutama pada nomor-nomor bergengsi.

    Pada kancah Asian Games, beberapa negara mendominasi cabang ini. Itu terbukti dari daftar pemegang rekor renang, baik putra maupun putri.

    China sangat mendominasi pada kategori putri. Bahkan, hampir semua rekor dipegang oleh perenang-perenang Negeri Titai Bambu. Hanya satu nomor yang rekornya lepas dari genggaman China, yaitu 200 meter gaya dada, yang dimiliki perenang Jepang, Takeshi Matsuda. Nomor lainnya benar-benar disapu bersih China.

    Pada nomor 50 meter gaya bebas, rekor dipegang Chen Xinyi, yang membukukan waktu 24,87 detik. Rekor itu ditorehkan pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Adapun rekor 100 meter gaya bebas dipegang Tang Yi, dengan waktu 54, 12 detik, diukir pada Asian Games Guangzhou 2010.

    Pada gaya punggung, rekor nomor 50 meter dipegang Gao Chang, dengan catatan waktu 27,45 detik pada Asian Games 2010.

    Beralih ke gaya dada, rekor 100 meter dipegang Shi Jinglin (China). Dia membukukan waktu 1 menit 06,67 detik pada Asian Games 2014.

    Sedangkan pada gaya kupu-kupu, rekor 50 meter dipegang Lu Ying (China). Rekor itu ditorehkannya pada Asian Games 2014, dengan catatan waktu 25,83 detik.

    Pada kategori putra, China tak mendominasi. Namun, rekor-rekor juga hanya dikuasai beberapa negara, yaitu perenang China, Jepang, Kazakhstan, Singapura, dan Korea Selatan.

    Pada nomor bergengsi 50 meter gaya bebas, rekor dipegang perenang China, Ning Zetao, dengan catatan waktu 21,94 detik. Rekor itu diukir pada Asian Games 2014. Ning juga memegang rekor nomor 100 meter gaya bebas, dengan waktu 47,70 detik.

    Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro, Joseph Schooling, memegang rekor pada nomor spesialisnya, 100 meter gaya kupu-kupu. Dia mencatatkan waktu 51,76 detik pada Asian Games empat tahun lalu.

    Adapun pada nomor 50 meter gaya dada, rekor dimiliki Dmitriy Balandin dari Kazakhstan (27,78 detik, di Asian Games 2014). Balandin juga memegang rekor 100 meter gaya dada, dengan waktu 59,92 detik.

    Berikut ini Raja dan Ratu Kolam Renang alias pemegang rekor beberapa nomor bergengsi di kancah Asian Games:  

     

     

     

     

    Video Populer

    Foto Populer