Sukses


    Jelang Asian Games 2018, Palembang Kian Sedap Dipandang

    Bola.com, Palembang - Palembang adalah satu dari dua kota Indonesia yang menyelenggarakan Asian Games 2018. Pemerintah setempat melakukan beragam cara untuk menyukseskan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

    Infrastruktur, tata ruang kota, hingga kebersihan kota menjadi jadi fokus pemerintah provinsi Sumatra Selatan. Pembenahan dari sektor-sektor tersebut sudah dimulai sejak awal 2017.

    Bola.com berkesempatan menelusuri salah satu jalan protokol di kota Palembang, yakni Jenderal Sudirman. Suasana terasa asri dan sejuk karena ada beberapa pohon besar yang berdiri kukuh di pinggir trotoar.

    Kebersihan juga terjaga. Bola.com yang melakukan penelusuran tidak menemukan sampah di sepanjang jalan Jenderal Sudirman. Hanya ada dedaunan yang berserakan di jalan maupun trotar.

    Itu pun bisa dihitung dengan jari karena ada petugas kebersihan yang setiap harinya bertugas di tempat tersebut. Kemudian, pemerintah setempat juga sudah menyiapkan beberapa tempat sampah pada beberapa titik.

    "Saya biasanya sudah mulai kerja dari pukul 06.00 WIB. Memang di Palembang sekarang sudah mulai tertib karena banyak petugas kebersihan dan kesadaran masyarakatnya juga sudah ada," kata Apriansah, seorang petugas kebersihan di Palembang, bercerita kepada Bola.com, Sabtu (4/8/2018).

    Jenderal Sudirman merupakan salah satu jalan protokol Palembang yang akan dilalui rombongan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), hingga para atlet nasional maupun mancanegara yang ingin menuju ke Jakabaring Sport City.

     

    2 dari 2 halaman

    Infrastruktur

    Pemprov Sumsel juga sudah melakukan pembenahan dari sektor infrastruktur di Palembang. Bola.com mendapati ada beberapa bangku yang disediakan di trotoar jalan Jenderal Sudirman.

    Jalan Jenderal Sudirman juga dijadikan sebagai destinasi wisata baru. Pada malem hari setiap akhir pekan, ratusan orang berkumpul untuk menyaksikan berbagai pertunjukan seni, antara lain angklung, biola, hingga pantonim.

    '"Setiap Sabtu malam mulai ramai di sini. Banyak  pertunjukan dan beragam jajanan kuliner juga," tutur seorang warga yang melintas di jalan Jendral Sudirman, Ranti Oktaviana, kepada Bola.com.

    Selain itu, Pemprov Sumsel juga menempatkan sejumlah spanduk dan baliho Asian Games 2018 di bawah jalan LRT yang melewati Jenderal Sudirman. Langkah itu diterapkan untuk menumbuhkan antusiasme masyarakat soal penyelenggaran Asian Games 2018.     

    Video Populer

    Foto Populer