Filipina Batal Mundur dari Cabor Basket Asian Games 2018

Oleh Aning Jati pada 06 Agu 2018, 12:40 WIB
Basket SEA Games 2015: Indonesia vs Filipina

Bola.com, Manila - Kabar datang dari Filipina. Komite Olimpiade negara itu (POC) bersama Asosiasi Basket Filipina (PBA) mengumumkan pembatalan pengunduran diri dari cabang olahraga basket Asian Games 2018. Hal itu berarti, Filipina tetap akan mengirim tim basket ke pesta olahraga terbesar di Asia yang digelar di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Kepastian tetap mengirim tim basket ke Asian Games 2018 didasari karena PBA berupaya mendengarkan permintaan fans. 

"Kami menyadari ada suara lantang dari fans kami (untuk tetap tampil di Asian Games) karena kami ini negara basket. Jadi, kami memutuskan untuk mendengar permintaan mereka," ujar Ricky Vargas, Presiden Komite Olimpiade Filipina.

Sekjen POC, Patrick Gregorio, mengklaim OCA dan Panpel Asian Games 2018 (INASGOC) sudah menerima permintaan mereka untuk masuk kembali dalam cabor basket.

Dengan keputusan ini, tim basket Filipina segera mempersiapkan diri, meski waktu tersisa relatif singkat, hanya sembilan hari. Yeng Guiao tetap akan menjabat sebagai pelatih kepala dengan 14 pemain disiapkan untuk diboyong ke Jakarta.

Latihan terakhir direncanakan digelar pada 12 Agustus dan pada 14 Agustus, tim basket Filipina bertolak menuju Jakarta. Pada 16 Agustus 2018, mereka akan menjalani pertandingan pertama kontra Iran.

POC dan PBA berharap Guiao bisa mengantar tim basket Filipina untuk setidaknya melewati pencapaian pada Asian Games 2014. Ketika itu, Filipina finis di peringkat ketujuh.

Seperti diketahui, pada akhir bulan lalu Filipina sempat menarik diri dari cabor basket Asian Games 2018 karena bermasalah dengan FIBA. Mayoritas pemain timnas mereka dan bahkan dua pelatih, menerima sanksi dari FIBA. 

PBA ketika itu memutuskan untuk lebih fokus pada banding atas sanksi yang diterima atlet-pelatih, yang terlibat dalam perkelahian pada kualifikasi Piala Dunia di Bulacan, 2 Juli 2018, tersebut ketimbang mengirim tim ke Asian Games 2018.

Sumber: Philstar