Catatan PBSI untuk Tunggal Putra Jelang Asian Games 2018

Oleh Yus Mei Sawitri pada 10 Agu 2018, 18:55 WIB
Anthony Sinisuka Ginting

Bola.com, Jakarta - Sektor ganda bakal menjadi tumpuan tim bulutangkis Indonesia dalam mengejar medali pada Asian Games 2018. Sebaliknya, PBSI tak mematok target muluk-muluk untuk sektor tunggal, baik putra maupun putri. 

Dalam beberapa turnamen belakangan, sektor tunggal memang belum dapat memberikan hasil yang menggembirakan. Yang terakhir, pada Kejuaraan Dunia 2018 tak ada tunggal Indonesia yang bisa menapak babak perempat final. 

Pada Asian Games 2018, tunggal putra akan mengandalkan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Adapun tunggal putri bertumpu pada Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengatakan punya beberapa catatan untuk para pemain tunggal yang akan turun di Asian Games 2018, terutama putra. 

"Sektor tunggal memang harus benar-benar kerja keras. Khusus tunggal putra, harus diperbaiki lagi stroke nya, baik serangan, pertahanan, dan pola main," kata Susy, seperti dilansir situs PBSI, Jumat (10/8/2018). 

"Selain itu, fisik, kecepatan, dan kelincahan di lapangan, serta antisipasi untuk mengambil kendali permainan, juga harus diasah lagi," imbuh Susy. 

Sektor tunggal putra diprediksi sulit menyumbangkan medali pada Asian Games 2018. Apalagi performa Jonatan dan Anthony belakangan tak konsisten.