Sukses


    Ini Makna di balik Desain Medali Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Medali Asian Games 2018 yang akan diperebutkan dalam 40 cabang olahraga telah rampung dibuat. Desain medali yang proses pembuatannya memakan waktu selama satu tahun tersebut memiliki makna yang unik.

    Motif medali terinspirasi dari logo Asian Games 2018 dan kain nusantara yang dipakai oleh ketiga maskot, yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Ketiganya pun disatukan dalam satu medali yang menggambarkan Bhineka Tunggal Ika.

    "Ada Bhin Bhin maskot dari suku Asmat, Atung dari Jakarta, dan Kaka dari Palembang," ujar Erwin Nenyung, desainer Medali Asian Games 2018.

    "Kami coba menggabungkan motif kain yang dipakai ketiganya dalam satu medali yang dianggap seperti Bhineka Tunggal Ika, walau berbeda-beda tetap bisa bersatu dalam satu medali," lanjutnya.

    Saat proses pembuatan ada sekitar 18 contoh medali dalam berbagai aneka ukuran, warna dan ketebalan. Medali-medali yang berlapiskan emas, perak, dan perunggu itu memiliki diameter tujuh hingga 10 cm dan ketebalan antara 0,6 sampai 1 cm.

    Kini, 465 medali tersebut telah berada di tangan INASGOC yang merupakan panitia Asian Games ke-18. "Medali mana yang akan dipilih untuk perhelatan Asian Games akan diumumkan pada hari H (pembukaan), biar nanti menjadi kejutan," kata sekjen INASGOC, Eris Herryanto.

    Asian Games 2018 akan resmi dibuka pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pesta penutupan juga akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 2 September 2018.

    Video Populer

    Foto Populer