NBA Akhirnya Izinkan Bintang Cavaliers Perkuat Filipina di Asian Games

Oleh Yus Mei Sawitri pada 14 Agu 2018, 20:15 WIB
Cleveland Cavaliers, Phoenix Suns, NBA

Bola.com, Manila - Perjuangan Filipina untuk menurunkan bintang NBA asal Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, di Asian Games 2018 akhirnya terwujud. NBA, yang awalnya tak memberi izin, memastikan Clarkson bisa memperkuat Filipina pada ajang olahraga antarnegara Asia tersebut.  

Kepastian izin NBA untuk pemain berdarah Filipina-Amerika tersebut disampaikan Chef de Mission atau Kepala Kontingen Filipina, Richard Gomez, Selasa (14/8/2018). Dia juga mengklaim Penyelenggara Asian Games 2019, INASGOC, ikut gembira dengan partisipasi bintang NBA itu. 

"NBA memberikan lampu hijau untuk JC (Jordan Clarkson) bermain di Asian Games. INASGOC dan Olympic Council of Asia (OCA) juga berkata ya untuk memasukkan nama JC ke tim. Kami perlu menerbangkan JC supaya sampai ke Jakarta Kamis (16/8/2018), tepat waktu untuk pertandingan melawan Kazakhstan," kata Gomez, seperti dilansir CNN Philippines

Sebelumnya, rencana Filipina memboyong Clarkson ke Asian Games sempat diwarnai kontroversi. Awalnya, NBA tak memberi izan sang pemain tampil karena tak sesuai dengan kesepakatan dengan FIBA. 

"Sesuai dengan perjanjian NBA dengan FIBA, maka setiap pemain NBA bisa berpartisipasi di Olimpiade, Piala Dunia, Kompetisi di wilayahnya, serta kualifikasi turnamen. Namun karena Asian Games 2018 tidak termasuk dalam kompetisi di atas, maka Jordan tak bisa tampil," kata juru bicara NBA, Tim Frank seperti dilansir Bleacher Report.

Sehari berselang, sikap NBA melunak. Mereka akhirnya memperbolehkan Jordan Clarkson tampil di Asian Games. 

Filipina akan menjalani laga pertama Grup D melawan Kazakhstan pada 16 Agustus, kemudian akan menghadapi China pada 21 Agustus. Grup D dihuni empat tim, yaitu China, Filipina, Kazakhstan dan Palestina. 

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Filipina hanya menempati posisi ketujuh, dengan rekor tiga kemenangan dan empat kali kalah.