Sukses


    Rezaldi Hehanussa, Kisah Sepatu Rp 15 Ribu dan Impian yang Menjadi Nyata

    Bola.com, Jakarta - Rezaldi Hehanussa merupakan salah satu andalan Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Dia dipercaya mempertahankan sektor kiri pertahanan, serta kerap maju ke depan untuk membantu penyerangan.

    Awal kekaguman Luis Milla terhadap Rezaldi Hehanussa muncul ketika bek kiri Persija itu berhadapan dengan Timnas Indonesia U-22 dalam persiapan menuju SEA Games 2017. Saat itu, Milla mengatakan kepada asistennya, Bima Sakti, bahwa Rezaldi adalah sosok yang memiliki karakter lengkap untuk mengisi slot di tim asuhannya.

    Rezaldi Hehanussa akhirnya benar-benar menjadi pemain yang hampir selalu mendapatkan panggilan dari Luis Milla, terutama saat Persija Jakarta tidak sedang menjalani laga penting di Liga 1 atau Piala AFC 2018. Kecepatan dan permainan agresif di sisi kiri lapangan membuatnya jadi pemain yang menonjol.

    Ketika Tim Garuda Muda membangun serangan, Rezaldi Hehanussa merupakan pemain yang selalu dengan gigih membantu dari sisi kiri. Overlap yang diakhiri dengan sebuah umpan silang matang atau tembakan keras dari jarak jauh yang berbuah gol menjadi nilai plus dari pemain berusia 22 tahun itu.

    Satu bukti terbaru dari penampilan cemerlang Rezaldi Hehanussa bersama Timnas Indonesia U-23 adalah ketika Tim Garuda Muda menjalani laga kontra Chinese Taipei di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018).

    Pada laga pertama Timnas Indonesia U-23 di Grup A Asian Games 2018 itu, Rezaldi tak hanya membantu timnya tak kebobolan. Dia juga memberikan assist kepada Stefano Lilipaly yang mencetak gol dengan tendangan salto.

    Satu hal yang pasti, membela Timnas Indonesia merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Rezaldi Hehanussa. Keinginan membawa Indonesia melaju jauh di Asian Games 2018 menjadi harapan yang disematkannya dalam doa.

    2 dari 3 halaman

    Momen Beli Sepatu Seharga Rp15 Ribu

    Sedikit flashback, sejak kapan suka bermain sepak bola? Apa yang membuat kamu menyukai sepak bola?

    Sejak masih kecil, tepatnya ketika saya sudah bisa berlari-lari. Orang tua pernah bercerita kalau sejak kecil saya tidak pernah minta mainan selain bola karet. Sejak kecil saya disebut sudah senang bermain sepak bola.

    Kalau ditanya mengapa saya suka sepak bola, karena sejak kecil saya punya paman bernama Mat Ali, yang setiap hari mengajak saya bermain sepak bola. Karena bersama paman sendiri, maka saya senang sekali bermain sepak bola waktu itu.

    Kompetisi atau turnamen sepak bola apa yang pertama kali kamu ikuti? 

    Dulu ada turnamen antarkampung. Saya biasa bermain di turnamen seperti itu bersama teman-teman seusia saya. Rasanya senang sekali saat bisa tampil di sebuah turnamen walau hanya antarkampung.

    Dari turnamen seperti itu, saya mulai serius bermain sepak bola hingga ada yang meminta saya untuk mengikuti sekolah sepak bola. Akhirnya saya mencoba untuk melakukannya.

    Bek Indonesia, Rezaldi Hehanussa, berusaha melewati gelandang Chinese Taipei, Chao Minghsiu, pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0 atas Chinese Taipei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Setelah menjadi seorang pesepak bola profesional, apa arti sepak bola dalam hidup kamu?

    Bagi saya sepak bola adalah bagian dari pekerjaan saya yang juga merupakan cita-cita. Menjadi seorang pesepak bola profesional menurut saya adalah sesuatu yang berharga.

    Selama berkarier di sepak bola, momen apa yang paling berharga?

    Momen paling berharga dalam hidup saya terkait sepak bola adalah ketika bisa membeli sepatu sepak bola untuk pertama kalinya. Saya membeli sepatu sepak bola dengan harga Rp15 ribu di pinggir jalan. Rasanya senang sekali ketika pertama kali bisa membeli sepatu sepak bola.

    Siapa sosok yang menurut kamu berkontribusi besar sehingga sekarang ada di titik ini?

    Tentu kedua orang tua saya. Mereka yang selalu mendoakan dan mendukung saya di luar lapangan maupun di stadion karena mereka memang suka datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan.

    Saya berterima kasih sekali kepada ibu saya atas masukan positifnya untuk saya sehingga bisa sampai seperti saat ini. Sementara untuk bapak saya, tentu saya berterima kasih atas masukan untuk berlatih keras secara mandiri dan memotivasi saya untuk bisa menjalankan latihan tersebut setiap kali ada waktu kosong.

    Saya selalu bersemangat ketika mengingat kedua orang tua saya, dan juga adik saya.

     

    3 dari 3 halaman

    Doa dan Harapan di Asian Games 2018

    Bagaimana rasanya menjadi seorang pemain Timnas Indonesia?

    Tentu rasanya sangat membanggakan. Saya tidak menyangka bisa menjadi seperti sekarang ini. Saya sangat senang karena bisa membuat kedua orang tua dan keluarga besar saya merasa bangga.

    Sejak kapan punya keyakinan menembus skuat Timnas Indonesia?

    Kalau keyakinan menembus Timnas Indonesia sudah ada dari dulu, hanya saja saya memang tidak menyangka kalau bisa menembusnya sejak masih muda.

    Rasanya sangat menyenangkan bisa menembus Timnas Indonesia. Pertama kali merasakannya saya sangat terharu dan bangga.

    Bek Indonesia, Rezaldi Hehanussa, melepas dahaga sebelum melawan Chinese Taipei pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0 atas Chinese Taipei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

    Ketika memasuki lapangan, kamu selalu berdoa lebih dulu di pinggir lapangan. Apa doa paling utama?

    Ketika saya memasuki lapangan, saya memanjatkan doa kepada Allah SWT agar saya diberikan keselamatan sebagai yang utama dan bisa tampil maksimal di setiap pertandingan.

    Kamu tampil cemerlang ketika bermain di SEA Games 2017 di Malaysia. Apakah Kamu optimistis bisa memperlihatkan performa seperti itu lagi di Asian Games 2018?

    Kalau untuk tampil cemerlang, tentu saya berharap bisa memperlihatkan permainan terbaik di setiap pertandingan. Saya berharap bisa memperlihatkan yang lebih baik sepanjang Asian Games 2018. Semoga saya bisa kembali bermain cemerlang pada Asian Games ini 2018. Amin.

    Apa arti momen Asian Games 2018 buat seorang Rezaldi Hehanussa

    Momen Asian Games 2018 adalah momen yang sangat berharga bagi saya secara pribadi. Ini adalah pentas olahraga, termasuk sepak bola, se-Asia. Saya ingin memperlihatkan yang terbaik dan memberikan hasil yang sangat baik bagi Indonesia. 

     

    Dalam pentas Asian Games 2018 Tim Indonesia mendapat dukungan dari PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) lewat gerakan moral hastag bertajuk #AXAMandiriuntukIndonesiaJuara dan #AXAMandiriDukungTimIndonesiaJuara. Bentuk dukungannya adalah semua atlet Tim Indonesia yang berlaga pada Asian Games akan diberikan perlindungan berupa asuransi jiwa dan kesehatan.

    Kerja sama dan dukungan AXA Mandiri ini merupakan yang pertama dan satu-satunya asuransi jiwa yang hadir dalam Asian Games 2018 untuk Tim Indonesia. Hal ini ditandai dengan pendatanganan kerja sama antara AXA Mandiri dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) selaku komite olimpiade nasional Indonesia, pada Senin, 23 April 2018 di AXA Tower, Jakarta.

    Video Populer

    Foto Populer