Kontingen Thailand Menargetkan 17 Medali Emas di Asian Games 2018

Oleh Aning Jati pada 18 Agu 2018, 13:15 WIB
Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Asian Games 2018 bakal dibuka secara resmi dalam seremoni yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam (18/8/2018). Seremoni itu akan menandai bergulirnya 40 cabang olahraga plus dua cabang ekshibisi, yang menawarkan total 462 medali emas.

Satu di antara negara yang berambisi mencatatkan prestasi terbaik adalah Thailand. Negara tetangga sesama penghuni di kawasan Asian Tenggara itu membidik 17 medali emas untuk dibawa pulang dari Asian Games 2018.

Prediksi raihan medali emas itu berasal dari Sports Authority of Thailand (SAT), badan yang bertanggung jawab menyiapkan atlet untuk Asian Games 2018, setelah mengumpulkan informasi dari federasi-federasi olahraga terkait.

Cabor favorit yang dibidik untuk mendulang medali emas pada Asian Games kali ini adalah sepak takraw (empat emas), masing-masing dua emas untuk cabor layar, kano, dan dayung, dan masing-masing satu medali emas dari cabor angkat besi, balap sepeda, taekwondo, bowling, tinju, pencak silat, serta jetski.

Sepak takraw memang jadi andalan Thailand untuk mengumpulkan emas. Mereka cukup mendominasi. Bahkan mereka mengklaim, saking didgayanya di cabor itu, Thailand hanya diizinkan turun dalam empat nomor dari enam nomor yang dipertandingkan.

"Kami harus memenangi seluruh medali emas untuk mempertahankan reputasi kami di sepak takraw," kata Charouck Arirachakaran, Presiden Asosiasi Sepak Takraw Thailand.

Sebagai catatan, Thailand telah mengoleksi 22 dari 33 medali emas yang tersedia di cabor sepak takraw dalam lima edisi terakhir Asian Games.

Pada Asian Games 2014 Incheon, Thailand berada di urutan ke-6 dalam daftar pengumpul medali emas terbanyak dengan mengoleksi 12 medali emas yang dihasilkan dari sepak takraw (4 medali emas), balap sepeda (2), layar (1), golf (1), taekwondo (1), bowling (1), tenis (1), dan tinju (1). 

Di Asian Games 2018, kontingen Thailand berjumlah 829 atlet dan turun di seluruh cabang yang dipertandingkan, 42 cabor.

Sumber: Bangkok Post