Sukses


    Rapor Pemain Timnas Indonesia U-23 saat Mengalahkan Hong Kong

    Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 16 besar Asian Games dengan status juara Grup A setelah pada laga terakhir penyisihan grup mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018).

    Tim Garuda Muda sempat kesulitan menembus pertahanan lawan untuk mencetak gol. Berbagai upaya belum membuahkan gol. Gol yang dinanti baru muncul leway Irfan Jaya yang menyamakan skor menjadi 1-1.

    Lantas Stefano Lilipaly mencetak gol kedua dan diakhiri gol Hanif Sjahbandi pada pengujung pertandingan. 

    Terkait kemenangan tersebut, mantan pelatih interim Persebaya Surabaya, Sugiantoro, mengamati permainan pemain Timnas Indonesia U-23 di semua lini, mulai kiper sampai pemain depan, dari layar kaca.

    Ia pun memiliki penilaian tersendiri perihal penampilan setiap pemain. Ada boleh setuju atau tidak, atau mungkin memiliki pendapat lain. 

    Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-23 melawan Hong Kong menurut Sugiantoro.

    Kiper

    Andritany ArdhiyasaAndritani tampil maksimal di pertandingan ini. Kiper nomor satu Timnas Indonesia itu selalu tepat dalam mengambil posisi dan waktu untuk keluar dari sarangnya.

    Satu-satunya gol Hong Kong yang bersarang ke gawang Timnas bukan kesalahan Andritany, melainkan Hansamu Yama yang membelakangi kapten Hong Kong.

    Nilai: 7 

    2 dari 4 halaman

    Belakang

    Belakang

    Putu Gede Juni Antara

    Penampilan bek sayap kanan Timnas Indonesia U-23 ini cukup baik. Sulit bagi pemain Hong Kong untuk menembus pertahanan Timnas dari sisi yang dijaga pemain ini.

    Namun, aksi tak sportifnya yang mengakibatkan dijatuhi kartu kuning oleh wasit, membuat menjadi salah satu catatan bagi Putu.

    Nilai: 6,5

    Hansamu Yama

    Secara keseluruhan Hansamu tampil bagus. Dia cukup disiplin dalam menjaga pertahanan Timnas Indonesia U-23. Hansamu juga kuat dalam duel udara maupun bola bawah.

    Satu-satunya kesalahan Hansamu terjadi ketika ia tak melihat pergerakan kapten Hong Kong yang akhirnya mencetak gol semata wayang bagi Hong Kong di pertandingan ini.

    Nilai: 6,5

    Ricky Fajrin

    Bertandem dengan Hansamu Yama, stoper Bali United itu bermain baik. Dia hampir tak melakukan kesalahan berarti di pertandingan tersebut.

    Ricky juga berkali-kali berhasil mengintersep serangan lawan. Namun, kegagalan membendung umpan pemain Hong Kong yang akhirnya diteruskan menjadi gol, menjadi satu-satunya noda bagi penampilannya di pertandingan ini.

    Nilai: 6,5

    Rezaldi Hehanussa

    Di pertandingan ini Rezaldi bermain sangat baik. Dia kuat saat bertahan dan bagus ketika membantu serangan. Bek sayap Persija ini mampu merepotkan pertahanan Hong Kong. Umpan-umpan pemain yang akrab disapa Bule ini juga kerap membahayakan pertahanan lawan.

    Nilai: 7

    3 dari 4 halaman

    Tengah

    Tengah

    Evan Dimas Darmono

    Gelandang flamboyan Evan Dimas Darmono mampu menjadi penyeimbang permainan Tim Merah-Putih. Beroperasi sebagai gelandang jangkar, pemain yang membela Selangor FA inj mampu mengalirkan bola dengan baik.

    Nilai: 7

    Zulfiandi

    Duetnya dengan Evan di lini tengah Timnas menjadi kunci keberhasilan Indonesia menguasai permainan. Pemain asal Aceh ini sangat kuat dalam membendung serangan Hong Kong di dari lapangan tengah. Seolah tak kenal lelah, Zulfiandi mampu memutus serangan dari tengah.

    Nilai: 7

    Febri Hariyadi

    Dengan kecepatan dan aksi individu di atas rata-rata yang dimiliki gelandang sayap Persib ini, Tim Garuda Muda mendapatkan beberapa peluang apik. Penetrasinya ke jantung pertahanan Hong Kong dari sisi kiri membuat pemain belakang lawan pontang-panting. Sayang, umpan-umpan Febri tak mampu dimaksimalkan pemain depan.

    Nilai: 7

    Irfan Jaya

    Pemain sayap kanan Persebaya ini memberikan kontribusi berarti lewat gol penyama skor. Gol ini membangkitkan semangat rekan setimnya.

    Ia digantikan Saddil Ramdani bukan karena Irfan sudah habis, tetapi semata-mata kebutuhan tim lantaran Timnas Indonesia U-23 butuh kemenangan.

    Nilai: 7,5

    Stefano Lilipaly

    Pemain Bali United merupakan bintangnya. Meski mendapatkan sedikit suplai bola, pemain berdarah Indonesia-Belanda ini mampu memanfaatkan kecilnya kesempatan yang dia dapatkan.

    Mencatatkan empat assist dan satu gol di pertandingan ini, Lilipaly menjadi pemain dengan kontribusi terbesar di laga tersebut.

    Nilai: 8

    4 dari 4 halaman

    Depan

    Depan

    Beto Goncalves

    memang tak mencetak gol. Minim mendapatkan bola matang, Beto memiliki peran dalam memecah konsentrasi pemain belakang lawan sehingga pemain lain bisa lepas dari kawalan. Meski tak mencetak gol, kerja keras pemain naturalisasi kelahiran Brasil ini pantas diapresiasi.

    Nilai: 6,5

    Pemain Cadangan

    Saddil Ramdani

    Masuknya Saddil menggantikan Irfan Jaya membuat Hong Kong semakin tertekan. Mengandalkan kesepatan serta aksi individunya, Saddil mampu merusak konsentrasi pertahanan Hong Kong yang semula cukup rapat.

    Sayang, ia gagal memanfaatkan peluang emas yang dia dapatkan. Tembakan Saddil dari sisi kanan gawang Hong Kong melambung jauh di atas mistar gawang lawan.

    Nilai: 6

    Septian David Maulana

    Masuk menggantikan Febri, Setiap David memberikan kontribusi berarti. Dia mampu mengatur tempo permainan Indonesia. Meski hanya sebentar, masuknya David memberikan tenaga baru bagi Timnas Indonesia U-23.

    Nilai: 6

    Video Populer

    Foto Populer