Final Bulutangkis Beregu Putra: Jonatan Christie Kalah, Indonesia Tertinggal 1-2 dari China

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Agu 2018, 21:59 WIB
Diperbarui 24 Agu 2018, 21:16 WIB
Bulutangkis Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Tunggal putra kedua Indonesia, Jonathan Christie, gagal melanjutkan kemenangan yang diraih ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, untuk meraih kemenangan di laga ketiga final bulutangkis beregu Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (22/8/2018) malam. Jonatan Christie kalah 21-19, 16-21, dan 18-21 dari Chen Long di pertandingan ketiga. 

Pertarungan ketat terjadi sejak awal laga. Jonatan Christie yang berhasil meraih poin perdana di gim pertama, terus mendapat tekanan dari Chen Long. Tunggal putra Indonesia itu mampu mempertahankan keunggulan, tapi Chen Long selalu mampu menjaga selisih satu poin hingga akhirnya berbalik unggul 9-8.

Permainan netting dan reli panjang dilakukan kedua pebulutangkis tersebut. Namun, sebuah smash keras dari Jonatan Christie mampu membuatnya unggul 11-10 di separuh gim pertama. Namun, pertarungan sengit dan kejar mengejar angka terus terjadi hingga Chen Long unggul 17-15.

Terus berusaha meraih poin untuk mendapatkan kemenangan di gim pertama, Jonathan Christie akhirnya menutup gim pertama dengan kemenangan 21-19.

Jonatan Christie berhasil mengamankan poin perdana di gim kedua setelah Chen Long merasa pukulan jauh tunggal putra Indonesia itu akan membuat bola keluar dari lapangan dan ternyata justru masih jatuh di dalam lapangan pertandingan. Namun, kesalahan demi kesalahan yang dilakukan Jonathan membuat Chen Long bisa unggul 5-3.

Kejar mengejar angka kembali terjadi, di mana Jonathan Christie hanya tertinggal satu poin di posisi 8-9. Namun, Chen Long masih mampu memimpin 11-8 dengan memanfaatkan kesalahan Jonathan dalam mengembalikan bola.

Chen Long terus berusaha mempertahankan keunggulan dan meninggalkan Jonathan hingga 17-13. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Jonathan membuat raihan poin Chen Long semakin menjauh hingga 19-14. Namun, Jonathan tidak menyerah dengan meraih poin hingga 16. Sayang, Chen Long berhasil menutup gim kedua dengan kemenangan 21-16.

Jonathan Christie berusaha memperbaiki penampilannya di awal rubber gim. Sempat unggul 3-1, kesalahan pengembalian dan bola tanggung membuat Chen Long akhirnya berhasil membuat kedudukan menjadi 3-3. Kejar mengejar poin terus terjadi hingga Jonathan unggul 11-9.'

Setelah sempat rehat sejenak, Jonathan kian semangat untuk membawa Indonesia meraih kemenangan di pertandingan ketiga final bulutangkis beregu putra itu. Tunggal putra Indonesia itu pun meraih keunggulan hingga 16-12.

Namun, sudah unggul 17-13, Jonathan mulai kehilangan poin demi poin hingga akhirnya Chen Long mampu membuat kedudukan berbalik unggul 20-17. Sempat memberikan perlawanan di akhir pertandingan, akhirnya Jonathan harus menyerah 18-21 dari Chen Long.

Kekalahan Jonatan Christie membuat Indonesia untuk sementara tertinggal 1-2 dari China dalam pertandingan final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018 di Istora Senayan.