Sukses


    Asian Games 2018 Bikin Keinginan Arthur Cunha Jadi WNI Muncul Lagi

    Bola.com, Malang - Bek Arema FC, Arthur Cunha da Rocha, larut dalam euforia Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Bek asal Brasil ini mengaku tidak pernah melewatkan pertandingan Timnas Indonesia U-23 di pesta olahraga terbesar di Asia itu. Melihat riuhnya Asian Games, niat Arthur untuk jadi Warga Negara Indonesia (WNI) kembali tumbuh.

    Dia merasa ingin seperti rekannya sesama kelahiran Brasil, Beto Goncalves, yang kini sudah memperkuat Timnas Indonesia di Asian Games 2018.

    "Kalau ditanya mau jadi orang Indonesia, tentu saya mau. Tapi, sekarang mungkin sulit," kata bek 28 tahun tersebut.

    Arthur menyadari mayoritas pemain naturalisasi memiliki istri perempuan Indonesia. Sementara dia berkeluarga dengan wanita asal Brasil juga dan sudah memiliki satu anak.

    "Mungkin itu yang membuat saya akan sulit dapat paspor Indonesia," kata Arthur.

    Tahun ini, dua pemain asal Amerika Latin yang jadi WNI, juga beristrikan orang Indonesia. Dua pemain itu adalah Beto dan Esteban Vizcarra.

    Arthur sudah mengutarakan keinginannya untuk dinatualisasi sejak memperkuat Arema di awal musim 2017.

    "Meski, sekarang saya masih jadi orang Brasil, untuk even ini (Asian Games), tentu saya tetap mendukung Indonesia. Permainan Timnas Indonesia U-23 sangat menghibur," kata pemain yang pernah trial di Manchester United ini.

    Arthur melihat Indonesia selalu bermain penuh semangat. Dua pemain naturalisasi, Beto dan Stefano Lilipaly, juga sudah bisa menyatu dan memberikan kontribusi besar untuk Timnas Indonesia U-23. "Saya lihat Lilipaly juga main luar biasa," imbuhnya dengan nada kagum.

    Saat ini, Beto dan Lilipaly sama-sama sudah mengoleksi tiga gol. Tetapi, peran Lilipaly dinilai lebih krusial karena juga juga jadi rasa assist timnas. Pada pertandingan terakhir di fase grup, dia memberikan dua assist untuk gol Irfan Jaya dan Hanif Sjahbandi.

    Video Populer

    Foto Populer