Sukses


    Mengenal Sosok Peraih Medali Emas Asian Games 2018: Aries Susanti Rahayu

    Bola.com, Jakarta - Atlet panjang tebing Indonesia, Aries Susanti Rahayu, menyatakan meraih medali emas Asian Games 2018 di kandang sendiri merupakan momen istimewa. Dia bahkan menyebut medali emas tersebut lebih bergengsi daripada gelar di Kejuaraan Dunia yang juga pernah diraihnya.

    Aries menyandang status juara dunia, setelah menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Dunia Panjat Tebing - IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China, pada 5 Mei. Namun, Aries mengaku merasakan kegembiraan yang lebih besar saat dipastikan mempersembahkan emas untuk Indonesia.

    "Meraih medali emas di rumah sendiri jauh lebih menyenangkan, apalagi nomor ini baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games," ujarnya seusai lomba.

    Aries menyatakan catatan waktunya kali ini masih di bawah saat kejuaraan di Moskow beberapa waktu lalu. Aries juga menyebut berstatus unggulan tak otomatis membuat perjuangan menjadi mudah.

    Padaa bertemu wakil China, Hei Chulian, di semifinal, Aries hanya menang dengan margin sangat tipis. Dia hanya unggul 0,1 detik atas sang lawan.

    "Orang tua saya terus memberikan dukungan moril agar saya tetap optimis. Status unggulan memang sempat menjadi beban namun akhirnya saya bisa fokus dari babak penyisihan hingga final," imbuh dia.

    Aries Susanti menyabet medali emas nomor kecepatan di Asian Games 2018 setelah mengalahkan rekan senegaranya, Puji Lestari, pada babak final.

    Tim panjat tebing Indonesia membukukan satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu pada hari pertama. Satu medali perunggu dipersembahkan Aspar dari nomor kecepatan putra.

    2 dari 2 halaman

    Pernak-Pernik

    Mengenal sosok peraih emas asian games 2018

    Nama: Aries Susanti Rahayu

    Lahir: 21 Maret 1995

    Negara: Indonesia

    Postur  157 cm (Tinggi) 57 Kg (Berat)

    Cabang No. Tanding: Panjat Tebing Putri (Woman's Speed dan Wooman's Speed Relay)

    Catatan Prestasi

    Asian Games

    Juara 1 (Asian Games 2018 Indonesia) (7.84 Detik).

    Kejuaraan Dunia

    Juara 1 (Kejuaraan Dunia Chongqing, China 2018)Juara 2 (Kejuaraan Dunia Xiamen, China 2017)Juara 3 (Kejuaraan Dunia Tai'an, China 2018).

    Asian Championship

    Juara 3 (Iran Championship 2017).

    Data Lengkap

    Panggilan/Julukan: Ayu, Spiderwoman

    Pendidikan: Manajemen Bisnis (Universitas Muhammadiyah Semarang)

    Pasangan: M. Fajri (Kekasih)

    Pelatih: Caly Setiawan dan Hendra Basri.

    Fakta Unik: Sang Kekasih yaitu M.Fajri ternyata juga seorang atlet Panjat Tebing

    Awal Karir: Aries Susanti Rahayu mulai menekuni olahraga panjat tebing saat masih berada di bangku sekolah menengah pertama (SMP)

    Ambisi: Meraih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020

    Informasi Tambahan: Aries Susanti Rahayu diberi julukan 'Spiderwoman' oleh media Indonesia setelah video pendakiannya yang mengalahkan Elena Timofeeva di Piala Dunia IFSC 2018 di Chongqing, Republik Rakyat China, menjadi populer secara online.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Video Populer

    Foto Populer