Sukses


    Presiden FCA Puji Penyelenggaraan Cabor Anggar di Asian Games 2018

    Jakarta - Federasi Anggar Asia (FCA) memberikan apresiasi besar kepada Indonesia yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Menurut mereka, Indonesia sudah menjadi tuan rumah yang baik saat menggelar anggar di Jakarta Convention Center pada 19-24 Agustus 2018.

    Selama pertandingan anggar di Asian Games, para petinggi anggar internasional menyempatkan datang, yakni: Sekretaris Jenderal FIE (International Fencing Federation) Emmanuel Katsiadakis, Presiden FCA Celso Dayrit, Presiden Anggar Korea Shin Won Choi, Presiden Anggar Hongkong Wai Sun Yueng, Presiden Anggar Iran Fazlollah Bagherzadeh, Presiden Anggar Tiongkok, Wang Hai Bin, Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, Menteri Olahraga Korea, Do Jong-Hwan dan Menteri Olahraga Singapura, Grace Fu Hai Yien.

    FCA mengapresiasi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) yang telah mempersiapkan perhelatan berkelas internasional tersebut. Presiden FCA, Celso Dayrit menyatakan, arena pertandingan anggar di Asian Games telah memenuhi standar International.

    "IKASI telah memastikan arena anggar telah sesuai standar pertandingan tingkat Internasional, mulai dari source-nya seperti wasit, juri, tim pengecekan peralatan anggar, hingga sistem penghitungan point kami datangkan dari specialis di cabang olahraga Anggar ini," tutur Celso di JCC pada Minggu (26/8/2018).

    Selama Asian Games 2018, ada tiga kategori atau jenis Pedang yang dipertandingkan yakni, Foil, Sabre dan Epee, serta 12 kelas yang disertakan terdiri dari Woman Individual, Man Individual, Woman Tim dan Man Tim pada tiap kategori. 

     

     

     

    2 dari 2 halaman

    Indonesia Gagal Emas

    Pemenang anggar didominasi oleh Korea Selatan dengan 6 medali emas, Tiongkok dengan 4 medali emas, Jepang dan Kazakshtan dengan 1 medali emas. Meskipun tidak meraih medali emas namun atlet Indonesia menunjukan perkembangan yang luar biasa.

    "Pada Asian Games 2014 lalu Indonesia berhasil mengemas 1 emas 4 perak dan 3 perunggu dari cabang olahraga anggar. Walau tahun ini tidak berhasil meraih emas namun secara keseluruhan peforma dari masing masing atlet sudah sangat berkembang dibandingkan dengan Asian Games di Incheon, Korea Selatan pada 2014 lalu," papar Celso.

    Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Agus Suparmanto bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan cabang Anggar pada Asian Games 2018 ini.

    "Saya bersyukur atas terselenggaranya acara ini. Ke depan nya kita akan berusaha lebih  maksimal lagi dan mempersiapkan para atlet untuk SEA Games 2019 mendatang," ujar Agus.

    Video Populer

    Foto Populer