Sukses


    Ibnu Grahan Anggap Pemain Timnas Indonesia U-23 Pantas Naik Kelas

    Bola.com, Surabaya - Pemain Timnas Indonesia U-23 menunjukkan penampilan apik selama Asian Games 2018. Mereka disebut layak masuk skuat Timnas senior yang akan berlaga di Piala AFF 2018.

    Sepakat dengan anggapan itu, eks pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan, menilai pemain yang ada di Timnas Indonesia U-23 saat ini layak naik kelas.

    "Setelah apa yang mereka tunjukkan di Asian Games, saya pikir mereka pantas masuk skuat Piala AFF," tutur Ibnu.

    Bagi Ibnu, seluruh pemain inti Timnas U-23 bisa diandalkan. Bahkan ada beberapa pemain cadangan yang juga dapat direkomendasikan naik kelas.

    Ibnu menyebut nama Muhammad Hargianto dan Septian David Maulana, layak masuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

    "Harus tetap ada pemain senior yang berada di skuat Piala AFF karena mereka butuh pemimpin yang bisa mengayomi di lapangan, dan jiwa itu ada pada pemain senior," jelas legenda hidup Persebaya ini.

    Selain itu, mereka sudah kompak satu sama lain sehingga tidak butuh waktu lama bagi pelatih untuk memadukan mereka.

    Dari pengamatan Ibnu, bukan saja penampilan mereka yang atraktif di Asian Games 2018, namun secara mental, pemain di Timnas U-23 juga sudah cukup siap untuk bermain di level yang lebih tinggi.

    Penilaian itu berdasarkan emosi pemain yang cukup tenang selama tampil di Asian Games 2018. Mereka tak mudah tersulut provokasi dan bisa mengendalikan emosi ketika dalam posisi tertinggal.

    Ibnu mencontohkan ketika Timnas Indonesia U-23 tertinggal lebih dulu dari Hong Kong dan kemudian mampu membalikkan keadaan. Hal yang sama ditunjukkan saat tertinggal dari Uni Emirat Arab di fase gugur babak 16 besar.

    Bahkan saat wasit memberikan hadiah penalti kontroversial pada UEA, pemain Timnas Indonesia U-23 bisa mengendalikan emosi.

    Menurut Ibnu, apa yang mereka perlihatkan dalam dua pertandingan Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 tersebut menunjukkan kematangan mental dan cara mereka menyikapi kejadian di lapangan.

    "Faktor mental sangat penting dalam turnamen sebesar Piala AFF. Itu sudah mereka miliki," ujar pelatih tim Liga 2 757 Kepri Jaya FC tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer