Mengenal Lebih Dekat Atlet Pencak Silat Peraih Emas Asian Games 2018: Wewey Wita

Oleh Teguh Iman Mulia pada 01 Sep 2018, 13:00 WIB
Selamat Meraih Medali Emas Wewey Wita

Bola.com, Jakarta - Dominasi Indonesia di cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018 benar-benar tak terbantahkan. Tim silat Indonesia meraih kepingan medali emas salah satunya dari Wewew Wita.

Wewey Wita mengalahkan pesilat Vietnam Thi Them Tran pada final nomor 50-55 kg putri di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.

Wewey begitu ia akrab disapa dinobatkan sebagai peraih medali emas usai menang mutlak atas pesilat Vietnam, Tran Thi Them dengan skor 5-0. Bagi pesilat berusia 25 tahun itu, ini adalah peningkatan prestasinya setelah meraih emas SEA Games 2017.

"Alhamdulillah Wewey sangat bersykur dan terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia karena mendoakan dan mendukung saya. Ini semua untuk Indonesia. Akhirnya di Asian Games bisa memberikan yang terbaik," jelas Wewey.

"Sebenarnya sudah yakin menang. Kalau dibilang soal strategi, kan lawan juga sudah tahu teknik saya. Terpenting percaya dengan teknik yang dimiliki dan kebetulan juga semua orang datang mendukung. Itu jadi kekuatan untuk saya," Wewey menambahkan.

2 of 3

Persaingan Pencak Silat di Level Internasional Makin Sengit

Wewey menyebut persaingan pencak silat di level internasional sudah sengit. Menurutnya, pesilat-pesilat dari negara lain mulai memperlihatkan perkembangan signifikan.

Kendati Indonesia dominan, pesilat-pesilat dari negara lain juga mampu memberikan perlawanan, seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Laos, Tahiland, dan juga Asia Tengah seperti Uzbekistan, Kirgistan, dan Iran.

Wewey Wita mengakui pencak silat bukan lagi hanya milik Indonesia.

"Persaingan semakin sengit. Semua bisa melihat bagaimana pesilat dari negara-negara lain juga sudah mulai bagus dan hebat. Jadi sudah sepantasnya kami pesilat dari Indonesia lebih waspada lagi," ujar Wewey

Namun, persaingan tersebut tak menyurutkan ambisi Wewey Wita untuk berprestasi lebih baik di level internasional. "Semoga saya terus bisa mengharumkan nama Indonesia di event selanjutnya," ujar pesilat berusia 25 tahun itu.

3 of 3

Data Diri Wewey Wita

Nama Lengkap: Wewey Wita

Lahir: 5 Februari 1993

Postur tubuh: 164 cm/55 kg

Nomor spesialis: Pencak Silat putri Kelas B - 50 - 55 Kg

Perjalanan hingga meraih medali Emas

Perempat final: Vs LUEANGAPHICHATKUN Suda (THA) 5-0

Semifinal: Vs SOUNTHAVONG Olathai (LAO) 5-0

Final: Vs TRAN Thi Them (VI) 5-0

Prestasi Internasional:

Medali Emas Sea Games 2017 Malaysia

Medali Perak Sea Games 2015 Singapura

Medali Perak Asian Games 2013 Myanmar

Panggilan: Wewey

Hobi: Karaoke

Pendidikan: Sports Science (Universitas Negeri Jakarta)

Bahasa yang dikuasai: Indonesia

Klub pencak silat: Perisai Diri

Pelatih: Rony Saifullah

Riwayat cedera: -

Lanjutkan Membaca ↓