Sukses


    Jalan Terjal Korsel U-23 Hingga ke Laga Puncak Sepak Bola Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Timnas Korea Selatan (Korsel) U-23 datang ke Asian Games 2018 dengan status sebagai juara bertahan. Son Heung-min dkk. kini akan bertanding di laga final yang akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (1/9/2018), setelah melewati perjalanan yang cukup terjal sejak babak grup.

    Korsel U-23, yang membawa Son Heung-min setelah pemain Tottenham Hotspur itu tampil di Piala Dunia 2018, mencanangkan target untuk mempertahankan prestasi mereka empat tahun silam. Jika gagal, Son Heung-min dkk. harus siap untuk mengikuti wajib militer di negara asalnya.

    Tergabung di Grup E sepak bola Asian Games 2018, Korsel memulai kiprah di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dengan kemenangan telak 6-0 atas Bahrain.

    Dalam kemenangan itu, pemain senior Korsel, Hwang Ui-jo, mencetak hattrick, sementara tiga gol lain masing-masing diciptakan oleh pemain muda, yaitu Kim Jin-ya, Na Sang-ho, dan Hwang Hee-chan.

    Namun, dugaan banyak orang bahwa Korsel akan dengan mudah melewati adangan tim-tim di Grup E meleset di laga kedua. Malaysia mampu membuat kejutan dengan menekuk Taegeuk Warriors dengan skor tipis 2-1.

    Kekalahan dari Malaysia membuat Korsel butuh kemenangan di laga terakhir untuk bisa memastikan satu tempat di 16 besar dengan aman. Menghadapi Kirgistan di laga terakhir Grup E, Korsel hanya berhasil menang tipis 1-0 lewat gol yang dicetak Son Heung-min.

    Akhirnya Korsel berhasil lolos ke fase 16 besar sepak bola Asian Games 2018 sebagai runner-up Grup E. Korsel mengumpulkan enam poin dari dua laga, poin yang sama dengan Malaysia yang kalah 2-3 dari Bahrain di pertandingan terakhir. Namun, Korsel harus mengakui Malaysia sebagai juara grup karena unggul secara head to head.

    2 dari 4 halaman

    Menang Mudah di Awal Fase Knock-out

    Korea Selatan pun harus menghadapi juara Grup F sepak bola Asian Games 2018, Iran, di babak 16 besar. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 23 Agustus 2018, dengan mudah Korsel berhasil memastikan kemenangan.

    Korsel berhasil memimpin 1-0 di babak pertama setelah Hwang Ui-jo mencetak gol lima menit sebelum wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir. Kemudian Lee Seung-woo mencetak gol yang menggandakan keunggulan Korsel pada menit ke-55.

    3 dari 4 halaman

    Balas Dendam di Perempat Final yang Ketat

    Keberhasilan Korsel membungkam Iran membuat mereka harus menghadapi Uzbekistan di perempat final yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 27 Agustus 2018.

    Dalam pertemuan terakhir, Korsel kalah 1-4 dari Uzbekistan melalui babak perpanjangan setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu nomal, ketika bertemu di semifinal Piala AFC U-23 2018. 

    Kiper Timnas Korea Selatan U-23, Cho Hyun-woo, saat menghalau serangan Vietnam di semifinal Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (29/8/2018). (Bola.com/Dok. INASGOC)

    Korsel pun bertekad meraih kemenangan untuk membalaskan kekalahan di pertemuan sebelumnya. Namun, lagi-lagi Uzbekistan memberikan perlawanan yang sangat keras, di mana kedua tim bermain imbang 3-3 dalam waktu normal.

    Hwang Ui-jo berhasil mencetak hattrick dalam pertandingan tersebut. Namun, gol yang dicetak Jaloliddin Masharipov dan dua gol Ikromjon Alibaev membuat pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan.

    Namun, dalam babak tambahan Korsel berhasil mendapatkan penalti. Hwang Hee-chan yang mengambil eksekusi pun tidak membuang kesempatan untuk membawa timnya kembali unggul dan lolos ke semifinal.

    4 dari 4 halaman

    Hadapi Runner-up Piala AFC U-23 di Semifinal

    Korsel harus menghadapi tantangan yang cukup berat di semifinal sepak bola Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong. Runner-up Piala AFC U-23 2018, Vietnam, menjadi lawan yang harus dihadapi oleh tim yang hanya berstatus peringkat keempat di kompetisi yang sama itu.

    Meski perjalanan Korsel di Piala AFC U-23 2018 kalah jauh dari Vietnam, tapi Taegeuk Warriors, memiliki hasil yang positif dalam pertemuan terakhir. Vietnam dan Korsel sama-sama tergabung di Grup D Piala AFC U-23 2018 dan Lee Keun-ho dkk. saat itu menang 2-1 atas Vietnam.

    Kemenangan tersebut tampaknya menjadi modal yang sangat bagus bagi Korsel untuk kembali menghadapi Vietnam. Kali ini Lee Seung-woo dkk. berhasil meraih kemenangan 3-1.

    Timnas Vietnam U-23 jelang melawan Korea Selatan pada semifinal Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (29/8/2018). (Bola.com/Dok. INASGOC)

    Lee Seung-woo mencetak dua gol yang dilengkapi oleh Hwang Ui-jo untuk membawa Korsel unggul 3-0. Namun, gol Tran Minh Vuong sempat membuat Korsel harus waspada sebelum akhirnya memastikan kemenangan 3-1 dan melangkah ke pertandingan final.

    Dalam laga puncak sepak bola Asian Games 2018 itu, Korsel menghadapi Jepang. Laga final sepak bola Asian Games 2018 ini pun disebut-sebut menjadi final ideal antara dua tim kuat dari Asia Timur.

    Video Populer

    Foto Populer