Asian Games 2018 Membuat K-Popers Semakin Cinta Indonesia

Oleh Wiwig Prayugi pada 03 Sep 2018, 07:30 WIB
Penutupan Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Asian Games 2018 Jakarta-Palembang tuntas sudah. Perhelatan olahraga terbesar kedua di dunia itu meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Satu komunitas yang sangat antusias dengan Asian Games adalah penggemar K-Pop atau K-Popers. Sejak pembukaan, saat pertandingan, hingga penutupan, pencinta hiburan Korea Selatan itu memberi perhatian khusus kepada Asian Games.

Menurut ELF Super Junior (komunitas penggemar Super Junior), semua berawal dari acara pembukaan, yang mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Korsel. 

"Dari sejak awal, banyak orang Korsel yang membicarakan Pak Jokowi naik motor, lalu tari Ratoh Jaroe. Mereka sangat terkesan dengan Asian Games 2018, bahkan banyak yang bilang di Indonesia lebih keren dibanding Incheon," kata Dessy Meiliana dari ELF Super Junior.

Asian Games 2018 kembali dibicarakan penggemar Super Junior dan Ikon, dua boy band Korsel yang tampil pada acara penutupan. Bagi penggemar Super Junior, momen ini sangat istimewa.

Super Junior tampil dengan tujuh anggotanya, Leeteuk, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Siwon, Donghae, dan Ryeowook. Mereka membawakan tiga lagu hits, Sorry Sorry, Bonamana, dan Mr. Simple.

ELF Super Junior pada penutupan Asian Games 2018. (Bola.com/Wiwig Prayugi)

"Ini keren banget. Mereka tampil di Indonesia dengan tujuh member dan membawakan lagu-lagu lama. Ini sebuah kehormatan bagi Indonesia," kata ELF Suju, Dwi Syifa.

Syifa juga mengatakan, perhelatan Asian Games 2018 membuat dia semakin bangga dan cinta dengan Indonesia. Awalnya, ia tidak merasa yakin Asian Games bakal berlangsung meriah, terutama pada saat pembukaan dan penutupan.

"Karena sebelumnya digelar di Incheon dan ternyata di Indonesia lebih bagus. Keren banget. Kami sangat bangga menjadi warga negara Indonesia," tuturnya.

Tak hanya itu, gara-gara Asian Games 2018, K-Popers punya idola baru. Tak lain adalah Presiden Joko Widodo. Mereka bahkan memberi sebutan kepada Jokowi dengan Jokowi Oppa.