Sukses


    Dominasi China dalam Catatan Statistik Cabor Bola Basket Asian Games 2018

    Jakarta - Cabor bola basket menjadi salah satu yang paling favorit selama perhelatan Asian Games 2018. China mendominasi juara putra dan putri pada cabor basket Asian Games 2018 yang berakhir sejak Sabtu (1/9/2018) lalu.

    Raihan medali emas tentu menempatkan Tiongkok sebagai penguasa bola basket Asian Games 2018. Namun catatan statistik memperlihatkan secara terperinci penampil terbaik di ajang tersebut tak melulu didominasi oleh pebasket dari Negeri Tirai Bambu.

    Bahkan dari sejumlah aspek statistik individual di nomor putra, Tiongkok hanya menempatkan satu pemain mereka di puncak, yakni di sektor blok yang dirajai oleh pebasket yang kini melantai di Liga Bola Basket Amerika Serikat (NBA) bersama Houston Rockets, Zhou Qi.

    Berikut paparan pemain dengan catatan statistik terbaik sepanjang penyelenggaraan cabang olahraga bola basket Asian Games 2018 di Jakarta mulai 14 Agustus hingga 1 September seperti dilansir Antara:

     

    2 dari 5 halaman

    Poin Terbanyak dan Akurasi

    Poin terbanyak

    Pebasket naturalisasi Korea Selatan asal Amerika Serikat, Ricardo Ratliffe, memimpin daftar pencetak angka terbanyak basket putra sepanjang Asian Games 2018 dengan total 174 poin dari enam laga yang dijalaninya atau rata-rata 29 poin per laga.

    Sementara itu, di nomor putri terdapat mesin angka Indonesia, Natasha Debby Christaline, yang mengoleksi 148 poin dari tujuh laga yang dijalaninya atau setara 21,1 poin per laga.

     Akurasi tembakan

    Pebasket Thailand, Patiphan Klahan, memimpin catatan tingkat akurasi tembakan terbaik di basket putra Asian Games 2018 dengan 65,4 persen, meski hanya bermain di tiga pertandingan lantaran negaranya jadi urutan paling buncit dalam klasemen akhir Grup A.

    Sedangkan talenta muda putri China, Li Yueru, jadi yang paling efisien di Asian Games 2018 lewat akurasi tembakan 71,2 persen hingga mengantarkan negaranya meraih emas.

    3 dari 5 halaman

    Tiga Poin Terbanyak

    Tripoin terbanyak

    Pebasket Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, yang membela negara ibundanya jadi pencetak tripoin tersubur di tiap penampilannya di Asian Games 2018 dengan rata-rata 3,8 tripoin per laga, meskipun secara jumlah total masih kalah dari legiun Korsel Jeon Jun-beom yang melesakkan 22 tripoin.

    Di nomor putri, penembak jitu Mongolia Bulbul Murat menceploskan 25 tembakan tripoin atau rata-rata 3,6 tripoin per laga.

     Akurasi tripoin

    Pebasket China, Wang Xuemeng, jadi yang paling efisien dalam urusan menembak tripoin di sektor putri dengan catatan akurasi 63,2 persen atau 12 kali dari 19 percobaan tembakan tripoin.

    Sementara di sektor putra, pebasket Filipina keturunan Amerika Serikat, Stanley Pringle, jadi yang paling efisien dengan akurasi tembakan tripoin 60 persen.

    4 dari 5 halaman

    Rebound dan Assist

    Rebound

    Di nomor putra Ratliffe kembali menjadi yang terbaik dalam urusan mengamankan bola muntah dari keranjang lewat catatan total 82 rebound atau rata-rata 13,7 rebound per penampilan.

    Sedangkan penggawa India Skaria Jeena membukukan 40 rebound atau 10 rebound per laga meski hanya bermain empat laga setelah timnya terhenti di fase penyisihan.

    Assist

    Pebasket putri Jepang, Saori Miyazaki, jadi yang terbaik dalam urusan melepaskan umpan yang berakhir menjadi poin alias assist, dengan catatan 68 assist dari tujuh penampilan atau rata-rata 9,7 assist per laga.

    Sementara di sektor putra, pebasket Korsel Kim Sun-hyung membukukan 39 assist dari enam penampilan atau rata-rata 6,5 assist per laga.

    5 dari 5 halaman

    Blok

    Blok

    Sebagaimana sudah disebutkan di atas, penggawa China Zhou Qi menjadi pemimpin klasemen blok basket putra dengan 20 blok dalam lima pertandingan atau rata-rata 4 blok per laga.

    Talenta muda China lainnya, Han Xu, menjadi Ratu Blok Asian Games 2018 dengan raihan 19 kali blok dalam tujuh pertandingan atau rata-rata 2,7 blok per laga.

    Steal

    Kapten tim Korea Bersatu, Lim Yung-hui, menempatkan diri sebagai pencatat steal terbanyak sepanjang turnamen dengan 23 steal dalam tujuh pertandingan atau rata-rata 3,3 steal per laga.

    Di sektor putra, kendati hanya gagal mengantarkan Mongolia melewati fase penyisihan grup, Sanchir Tungalag jadi pengepul steal terbaik dengan rata-rata 3 steal per laga lewat 9 steal yang dikumpulkannya dalam tiga pertandingan.

    Video Populer

    Foto Populer