Test Event Asian Para Games 2018 Jadi Ajang Evaluasi INAPGOC

Oleh Tyo Harsono pada 28 Jun 2018, 16:40 WIB
Diperbarui 01 Okt 2018, 16:12 WIB
Raja Okto Saptahari

Bola.com, Jakarta - Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, mengatakan pelaksanaan Asian Para Games 2018 sebagai ajang evaluasi bagi INAPGOC. Menurut dia, INAPGOC selalu melakukan pembenahan menjelang perhelatan Asian Para Games 2018.

Sebelumnya, Jakarta belum pernah menjadi tuan rumah Asian Para Games. Namun, pada 1 Maret 2016 Jakarta ditunjuk sebagai penyelenggara ajang tersebut.

Indonesia punmengadakan test event sebagai ajang persiapan. Pria yang akrab disapa Okto itu mengungkapkan, INAPGOC melakukan evaluasi setiap malam.

"Sejak awal, test event ini utamanya dua, uji coba sistem dan panitia pelaksana. Kami sudah menyiapkan teman-teman yang keliling untuk memeriksa kesiapan. Sekarang, kami mengumpulkan semua informasi dan data dari semua divisi," ujar Okto kepada Bola.com.

"Setiap malam, kami melakukan evaluasi. Hasil data yang dikumpulkan kami baca satu per satu. Semua tantangan yang kami dapatkan, sekarang sudah ada referensi perlombaan. Saat ini, kami punya referensi untuk kinerja kita sendiri," lanjutnya.

Meski begitu, Okto mengaku persiapan bukan untuk setiap cabang olahraga, tetapi per divisi. Evaluasi setiap divisi akan membuat mereka saling bertemu.

"Sebetulnya yang kami coba, bukan per cabang olahraga, tetapi per divisi karena mereka yang ingin kami perbaiki. Banyak hal yang mengharuskan setiap tim untuk saling bertemu. Dengan adanya test event Asian Para Games 2018, semua bisa diuji coba. Tujuan kami mengadakan ini untuk uji coba panitia, dan NPC dan APC sudah puas," kata Okto.