Ojek Spesial Siap Layani Penonton Penyandang Disabilitas di Asian Para Games 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 15 Sep 2018, 13:11 WIB
Diperbarui 01 Okt 2018, 16:12 WIB
Ojek Disabilitas, Asian Para Games 2018, Inapgoc

Bola.com, Jakarta - Sebagai dukungan akan dihelatnya Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 6 hingga 13 Oktober 2018, Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) melibatkan individu disabilitas yang memiliki kendaraan modifikasi untuk turut memeriahkan pelaksanaan multievent tersebut.

Mereka akan dilibatkan untuk memberikan layanan transportasi kepada pengunjung disabilitas, terutama yang menggunakan kursi roda.

Persiapan dari segala sektor terus digiatkan oleh Inapgoc jelang Asian Para Games 2018 digelar. Satu di antaranya adalah sisi transportasi yang juga akan menjadi sangat penting ketika pelaksanaan berlangsung di Jakarta.

Satu hal unik yang disiapkan oleh Inapgoc adalah sebuah ojek disabilitas yang akan mengantarkan para pengunjung disabilitas ke venue pertandingan yang digelar saat Asian Para Games 2018 berlangsung. Direktur Transportasi Inapgoc, Adrianto Djokosoetono, menyebut layanan ini bertujuan melibatkan semua penyandang disabilitas di dalam kegiatan Asian Para Games 2018.

"Asian Para Games ini adalah pesta olahraga bagi saudara-saudara disabilitas. Untuk itu, bukan hanya atlet maupun ofisial, masyarakat biasa yang menyandang disabilitas juga kami libatkan secara aktif untuk lebih merasakan atmosfer pesta olahraga ini, termasuk para pengunjung atau penonton disabilitas," ujar Adrianto.

Sejauh ini sudah ada 40 unit motor dengan modifikasi khusus yang dimiliki individu penyandang disabilitas yang akan digunakan untuk Asian Para Games 2018. Sebanyak 30 unit berasal dari Jakarta dan sekitarnya, sementara 10 lainnya datang dari Yogyakarta.

"Kebetulan saudara kita yang ada di Yogyakarta sudah memiliki layanan khusus ojek disabilitas. Jadi kami mengundang mereka ke Jakarta untuk ikut berpartisipasi," tambah Direktur Transportasi Inapgoc itu.

Seorang penyandang disabilitas bernama Mia yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini merasa momen Asian Para Games 2018 ingin digunakannya untuk melakukan sosialisasi kendaraan modifikasi khusus tersebut agar mendapatkan tempat di tengah masyarakat.

"Kami berharap kendaraan ini bisa mendapatkan tempat di masyarakat umum mengingat tempat parkir untuk kendaraan seperti ini belum ada. Biasanya untuk parkir di sebuah tempat, saya harus lebih dulu bernegosiasi karena kendaraan ini tidak muat masuk di area motor dan tidak bisa masuk ke area mobil. Harapan kami, kendaraan ini juga bisa dipergunakan untuk umum seperti ojek penyandang disabilitas," ujarnya.

Asian Para Games 2018 akan digelar mulai 6 hingga 13 Oktober 2018 di Jakarta. Sebanyak 18 cabang olahraga akan dipertandingkan dengan melibatkan sekitar 43 negara peserta dari seluruh Asia.