Pawai Obor Asian Para Games 2018 Akan Sapa Kota Khatulistiwa

Oleh Yus Mei Sawitri pada 18 Sep 2018, 21:25 WIB
Infografis Asian Para Games 2018 banner

Bola.com, Jakarta - Pawai obor Asian Para Games 2018 akan menyapa warga Kota Khatulistiwa alias Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (19/9/2018). 

Kota Pontianak terletak pada lintasan garis khatulistiwa dengan ketinggian berkisar antara 0,1 sampai 1,5 meter di atas permukaan laut. Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis ekuator.

Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar matahari.

Jika dikaitkan dengan hal tersebut, Pawai Obor Asian Para Games III tahun 2018 kali ini tak kalah istimewanya dari kota-kota sebelumnya, seperti Solo, Ternate, hingga Makassar, yang membawa semangat peduli disabilitas dan kesetaraan.

Api obor Asian Para Games 2018 diambil dari api abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada Rabu (5/9/2018) lalu dibawa ke Solo, Ternate, Makassar dan Denpasar. Kini api obor bersemayam di rumah jabatan Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (18/9/2018).

Pada Rabu pagi api obor akan dikeluarkan dan diserahkan kepada Ketua Umum Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari dan diberikan kepada Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.Dari Gubernur H Sutarmidji, api obor akan diestafetkan kepada pembawa obor 1 yakni Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Oesman Sapta Odang, CdM (Chef de Mission) Indonesia dalam Asian Para Games 2018 Arminsyah, yang kemudian menuju ke pos 3 untuk diserahkan kepada Wahdina, peraih emas ASEAN Para Games 2011 dari renang.

Setelah itu obor Asian Para Games 2018 dibawa berjalan menuju check point dan menaiki kendaraan pawai untuk diarak keliling kota sejauh 3,7 km. Pawai kemudian dilanjutkan dengan berjalan sejauh 1,2 kilometer. Wahdina akan memberikan api obor kepada Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI sekaligus sebagai Wakil Ketua IV INAPGOC Raden Isnanta, kemudian berlanjut ke tokoh-tokoh lainnya.