Penyelenggara Optimistis Asian Para Games 2018 Sukses

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 04 Okt 2018, 20:31 WIB
Diperbarui 06 Okt 2018, 20:16 WIB
Media briefing Asian Para Games 2018

Bola.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menegaskan perhelatan Asian Para Games 2018 yang akan dimulai pada Sabtu (6/10/2018) sudah benar-benar siap digelar. Bersama sejumlah stakeholder Asian Para Games 2018, Puan Maharani, berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar.

Puan Maharani, yang bertugas menjadi Ketua Steering Committee Asian Para Games 2018, menggelar rapat dengan sejumlah stakeholder Asian Para Games 2018. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Organizing Committee sekaligus Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Menteri Sosial, Agus Gumiwang, Ketua Penyelenggara Asian Para Games (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari, Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia sekaligus Wakil Jaksa, Agung Arminsyah.

Berdasarkan informasi yang sudah didapatkan dari semua stakeholder tersebut, Puan Maharani menegaskan pergelaran Asian Para Games 2018 sudah benar-benar siap digelar. Bahkan Menko PMK itu juga menyebut adanya tambahan satu peserta setelah Timor Leste akhirnya menyatakan keikutsertaan.

"Setelah mendapatkan laporan dari semua pihak, termasuk penambahan peserta menjadi 43 NPC setelah Timor Leste akan ikut serta, seluruh persiapan sudah benar-benar siap 100 persen. Insya Allah kami siap untuk menggelar Asian Para Games 2018," ujar Puan Maharani di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi yang juga merupakan Ketua OC Asian Para Games 2018, berharap banyak pihak memberikan dukungan terhadap perjuangan atlet-atlet Indonesia yang akan berjuang maksimal demi bisa meraih medali emas dan melangkah ke level dunia.

"Peraih medali emas Asian Para Games 2018 akan lolos ke Paralimpik 2020 di Tokyo. Tentu ini akan membuat semua atlet dari negara lain pun akan berusaha keras untuk bisa meraih prestasi terbaik. Kami ingin semua atlet benar-benar maksimal dan mari kita dukung mereka," ujar Imam Nahrawi.

Bicara soal persiapan atlet Indonesia, CdM Asian Para Games 2018, Agung Arminsyah, menyatakan semua atlet yang akan bertanding untuk 18 cabang olahraga sudah benar-benar siap berjuang. Agung Arminsyah pun optimistis kontingen Indonesia bisa melebihi target yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kontingen Indonesia untuk Asian Para Games sudah dikukuhkan oleh Menpora dan sudah dilepas oleh Bapak Joko Widodo untuk bertanding. Tentu target yang diharapkan adalah seusai keinginan Presiden, yaitu delapan besar atau terpeleset menjadi enam besar. Selain itu, kita ingin memenuhi target 16 medali emas, dan kalau terpeleset jadi 20 medali emas," ujar Agung sambil tersenyum.

Sementara itu Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, menegaskan laporan bahwa persiapan panitia sudah benar-benar baik dan mendapat apresiasi dari komite paralimpik dunia. Okto juga mengungkapkan tiket upacara pembukaan Asian Para Games 2018 sudah ludes terjual sampai disediakan tambahan tiket.

"Saya baru saja mengikuti rapat pertemuan Komite Paralimpik Dunia dan sudah melaporkan persiapan untuk Asian Para Games. Indonesia mendapatkan apresiasi karena semenjak persiapan sudah ada dua rekor ketimbang pelaksanaan 2 Asian Para Games sebelumnya, antara lain jumlah negara peserta dan jumlah nomor yang dipertandingkan," ujar Raja Sapta Oktohari.

"Tiket pembukaan Asian Para Games 2018 sudah habis terjual. Akhirnya ada 22.000 lembar tiket pembukaan yang kami lepas. Khusus untuk pengguna kursi roda kami pun menambah 500 titik untuk mereka yang diambil dari kuota kursi penonton biasa," lanjutnya.