Asian Para Games 2018: Kemensos Libatkan 135 Yayasan untuk Gandeng Penonton Disabilitas

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 04 Okt 2018, 22:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2018, 22:16 WIB
Asian Para Games 2018

Bola.com, Jakarta - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) akan memberikan fasilitas gratis bagi penyandang disabilitas untuk menyaksikan pesta olahraga tersebut. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan sebanyak 135 yayasan difabel dan disabilitas dilibatkan untuk mengoordinasi 5.000 penonton yang akan mendapatkan fasilitas gratis itu setiap hari.

Inapgoc mempercayakan pengaturan fasilitas gratis bagi penyandang disabilitas dan difabel untuk menyaksikan Asian Para Games 2018 kepada Kemensos RI. 

"Akan ada sekitar 5.000 penyandang disabilitas yang mendapatkan fasilitas gratis setiap harinya untuk menikmati dan mendukung atlet yang tengah berjuang di Asian Para Games. Kami bekerja sama dengan yayasan, balai disabilitas, tokoh-tokoh komunitas, dan masih banyak yang lain untuk membuat daftar mereka yang mendapatkan fasilitas tersebut," ujar Agus Gumiwang saat media briefing di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (4/10/2018).

"Sekitar 135 yayasan yang tersebar di Jabodetabek kami tunjuk karena dengan cakupan tersebut akan lebih mudah untuk terkoordinasi mengingat semua digelar di Jakarta dan Jawa Barat. Setiap balai yang ditunjuk akan ada koordinator yang akan mengurus transportasi mereka semua hingga ke venue pertandingan," lanjutnya.

Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, menegaskan 5.000 penonton yang mendapatkan fasilitas gratis untuk penyandang disabilitas itu merupakan kuota harian.

"Kuota 5.000 orang yang mendapatkan fasilitas gratis tersebut setiap harinya dan bisa digunakan untuk semua cabang olahraga karena ini adalah tiket terusan untuk semua venue. Namun, kalau memang nanti dari daftar tersebut masih kurang, tentu kuota itu akan kita tambah," ujar Raja Sapta Oktohari di tempat yang sama.

Pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (6/10/2018), dan digelar selama satu pekan penuh hingga 13 September 2018. Sebanyak 18 cabang olahraga akan dipertandingkan di Jakarta dan Jawa Barat.