6 Penari Disabilitas Memukau Penonton Pembukaan Asian Para Games 2018

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Okt 2018, 19:35 WIB
Diperbarui 06 Okt 2018, 19:35 WIB
Pembukaan Asian Para Games 2018
Suasana saat pembukaan Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Sabtu (06/10/2018). Pembukaan dimeriahkan para penyandang disabilitas. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Sebanyak enam penari disabilitas berhasil tampil memukau penonton acara pembukaan Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu malam (6/10/2018) WIB.

Penari yang berasal dari Sanggar Smile Motivator Bandung itu mengundang decak kagum. Sebab, mereka merupakan penari dari kalangan kaum rungu.

Keenam penari itu tanpa alangan melakukan gerak tari yang kompak. Mereka hanya mengandalkan penglihatan untuk menyamai gerak dengan antarpenari lainnya.

Rahasia kekompakan penari kaum rungu itu ada pada gerakan pelatihnya. Mereka bisa kompak karena mengikuti instruksi pelatih berupa kepalan tangan yang berada di depan panggung pertunjukkan.

"Kami di sini untuk menghibur dan ingin agar semua penonton bahagia," kata pelatih sanggar Smile Motivator, Eneng.

Selain Smile Motivator, acara upacara pembukaan Asian Para Games 2018 juga dimeriahkan penyanyi tuna netra, Claudia Fritsca. Dia berduet dengan penyanyi cantik, Sheryl Sheinafia.