Sukses


    Pesona Perenang Disabilitas Cantik dari Uzbekistan di Asian Para Games 2018

    Jakarta - Fotimakhon Amilova, penyandang disabilitas asal Uzbekistan mencuri perhatian pada Asian Para Games 2018. Bukan hanya karena memiliki paras yang cantik, atlet para renang berusia 19 tahun ini berhasil memecahkan dua rekor dunia lewat nomor yang diikutinya.

    Rekor pertama tercipta pada final gaya dada 100 meter putri kategori SB13 (11-13). Pada nomor ini dia mencatat waktu 01:09.57 mengalahkan rekor sebelumnya 01:09.57. Sedangkan rekor kedua tericpta pada final gaya ganti perorangan putri di mana Amilova berhasil mencatat waktu 02:21.82 mematahkan rekor sebelumnya, yakni 02:22.12.

    Amilova merupakan ratu baru di lintasan renang para penyandang disabilitas. Di usia yang masih belia, wanita kelahiran Andijan, 11 Februari 1999 sudah sering tampil mewakili negaranya. Namun namanya baru melambung saat tampil di Paralimpiade di Rio de Janeiro, Brazil, 2016. Saat itu, dia sukses memboyong 3 medali; 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.   

    Di Brasil, Amilova juga berhasil mengukir rekor dunia untuk nomor gaya dada 100 m kategori SB13 dengan catatan waktu 1:12.45. Di nomor ini, Amilova berhasil mengalahkan perenang andalan dari Inggris, Rebecca Redfern, yang harus puas dengan medali perak. 

    Popularitas Amilova langsung melambung usai Paralimpiade Brasil. Dalam wawancara dengan situs myday.uz, Amilova mengaku sangat mencintai profesinya sebagai atlet. Meski memiliki paras yang cantik, Amilova juga masih enggan beralih profesi menjadi artis. 

    "Saya ingin seperti sekarang ini," katanya saat itu. 

    Pesona Amilova tidak pudar saat tampil di Asian Para Games 2018. Di lintasan renang, dia berhasil merebut 3 medali emas dan 1 perak. Sedangkan di atas podium, Amilova selalu mengumbar senyum. Dia mengaku senang bisa tampil di Asian Para Games 2018

    "Orang-orang di sini sangat ramah dan membuat saya sangat terkesima," katanya. 

    "Saya sangat senang dan hal itu sangat membantu saya, terima kasih Indonesia."

    Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

     

    2 dari 2 halaman

    Kunci Sukses

    Amilova juga membeberkan kunci suksesnya sebagai atlet para renang. Menurutnya, kerja keras dan dukungan dari keluarga sangat berpengaruh bagi pencapaiannya hingga kini. 

    Setelah Asian Para Games 2018, Amilova akan mempersiapkan diri menghadapi Paralimpaide Tokyo 2020. Dia juga berniat memecahkan rekor di ajang tersebut. 

    Simak wawancara lengkap Bola.com dengan Fotimakhon Amilova pada video di bawah ini.

    Video Populer

    Foto Populer