Peraih Medali Asian Para Games Wajib Sumbang 30 Persen Bonus ke NPC

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 12 Okt 2018, 23:30 WIB
Diperbarui 13 Okt 2018, 01:16 WIB
Banner Asian Para Games 2018

Jakarta - Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan, para peraih medali di Asian Para Games 2018 nantinya akan memberikan kontribusi sebesar 30 persen kepada NPC.

Rinciannya, NPC kabupaten mendapat kontribusi sebesar 5 persen, NPC provinsi sebesar 10 persen, dan NPC pusat mencapai 15 persen. Hal ini memang sudah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NPC.

"Ini istilahnya bukan dipotong. Mereka memberikan kontribusi. Atlet sendiri yang peduli, mereka juga hidup dari NPC," kata Senny Marbun di ruang konfrensi pers GBK Arena, Jumat (12/10/2018).

"NPC ini berdiri dari nol, dulu kita tak dapat bantuan dari pemerintah. Nantinya uang kontribusi mereka akan dipergunakan untuk mengirim para atlet ke single event," ujarnya.

Senny sendiri mengklaim, aturan ini memang sudah diketahui para atlet disabilitas.

Sementara pihak pemerintah, dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi tidak mempermasalahkan hal tersebut. Meski dari pemerintah tidak membebankan pajak kepada para peraih bonus Asian Para Games 2018.

"Kalau dari pemerintah memang tidak ada potongan pajak. Itu urusan internal pribadi mereka," ucap Menpora.

Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018