Ingin Tetap Aktif Setelah MILO Jakarta International 10K? Simak Tips Ini Biar Tidak Malas Olahraga

Oleh Gilar Ramdhani pada 22 Jul 2019, 18:40 WIB
Diperbarui 29 Jul 2019, 17:25 WIB
Ingin Tetap Aktif Setelah MILO Jakarta International 10K? Simak Tips Ini Biar Tidak Malas Olahraga

Bola.com, Jakarta - Ajang MILO Jakarta International 10K Tahun 2019 memang telah berakhir. Meski begitu semangat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif jangan sampai padam. Jika kamu rutin berolahraga yang merasakan manfaatnya juga diri kamu sendiri, badan jadi bugar, sehat dan bahagia menjalani aktivitas harian.

Selagi semangat lari MILOJI10K masih baru, yuk lakukan 5 hal ini supaya tidak malas olahraga dan sukses terapkan gaya hidup sehat dan aktif.

1. Ketahui Lagi Manfaat Olahraga

Masih banyak orang yang malas berolahraga, ini bisa jadi karena manfaat dan keuntungannya tidak betul dipahami. Jadi, mulai sekarang cari tahu betul manfaat dan pentingnya olahraga bagi tubuh. Dengan begitu kamu jadi punya alasan dan dasar kuat untuk berolahraga.

2. Olahraga ringan dan konsisten

Olahraga yang simpel dan ringan saja, tak usah target tinggi. Walaupun cuma 10-15 menit perhari tapi kalau konsisten itu akan lebih baik daripada 1x dalam seminggu dengan durasi waktu yang lama. Setelah konsisten kamu boleh tingkatkan durasinya. Olahraga lari paling simpel, bisa juga belajar yoga dari video, dan juga datang ke tempat.

3. Cari teman atau masuk komunitas

Olahraga sendiri mungkin bisa bikin bosan dan malas-malasan. Oleh karena itu kamu perlu ajak teman-teman kantor dan keluarga. Kalau tidak ada, kamu bisa mencoba gabung ke komunitas olahraga yang kamu sukai. Gampang sekali sekarang mencari komunitas olahraga, apalagi komunitas lari semakin menjamur saat ini.

4. Ikuti event olahraga

Event olahraga yang banyak ditemukan dewasa ini adalah lari. Sebab ini olahraga yang simpel dan sederhana. Tidak heran jika event lari MILO Jakarta International 10K selalu diserbu para pecinta olahraga. Begitu populernya MILO Jakarta International 10K sudah memasuki usia ke-10.

Penyelenggaraan MILOJI10K minggu lalu pun mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.Peserta Family Run, Bapak Emil dari Pondok Kelapa yang datang bersama 4 anggota keluarganya mengaku puas dengan penyelenggaraan MILOJI10K 2019.

"Penyelenggaraan MILOJI10K dari tahun ke tahun semakin baik dan saya lihat antusiasnya pun makin tinggi. Isi racepack semakin bervariasi. Tiga kali ikut event MILO dan selalu memuaskan," ujar Emil yang sudah mengikuti event MILOJI10 tiga kali berturut-turut.

Ingin Tetap Aktif Setelah MILO Jakarta International 10K? Simak Tips Ini Biar Tidak Malas Olahraga
MILO Jakarta International 10K Tahun 2019 di kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan Jakarta.

Selebriti, Ligwina Hananto menuturkan salah satu keunggulan MILOJI10K adalah event ini tidak hanya fokus ke menjadi ajang internasional melainkan juga fokus ke pelari-pelari pemula dan Family Run.

"Seneng sekarang fokusnya MILO tidak hanya ke International 10K, tapi juga ke pelari-pelari pemula. Banyak peserta pelajar yang ikutan. Ini yang menurut aku penting dan menyenangkan terlibat di MILOJI10K," tutur Ligwina.

"Kalau yang belum pernah ikutan lari, sebaiknya mulai ikutan di MILOJI10K deh. Aku ngerasain banget, ini race yang bersih, steril, jaraknya enak bisa pilih 5K atau 10K. Lalu, di Kuningan itu tidak ada CFD jadi tidak bentrok dibandingkan dulu di Monas," cerita Ligwina.

Pemprov DKI Jakarta yang diwakili Pelaksana Harian Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora DKI Djakarta, Ahmad Djazimi memberikan pujian terhadap penyelenggaraan event MILOJI10K yang sudah memasuki tahun ke-10.

"Animo masyarakat dari tahun ke tahun terhadap event MILOJI10K memang sangat luar biasa. Kalau tidak dibatasi di angka 16 ribu, pesertanya bisa membludak lagi. Saya sudah tiga kali berturut-turut mengikuti event MILOJI10K. Tahun ini luar biasa lebih bagus, rapi dan tertib dari segi penyelenggaraan. Bahkan, persiapannya pun lebih matang dibanding sebelumnya,” Ahmad Djazimi.

Sebagai event lari keluarga terbesar di Jakarta, MILO Jakarta International 10K memang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Mengingat event ini sudah berlalu, tentu kamu harus menyiapkan diri untuk mencari event yang lain.

5. Perhatikan asupan makanan

Ketika Anda berolahraga, asupan makanan harus tetap terjaga supaya energi yang telah hilang dapat cepat tergantikan. Corp Nutritionis Nestle, Eka Herdiana mengatakan karena tidak ada satu jenis makanan apapun yang mengandung seluruh jenis gizi, maka dalam setiap porsi makanannya perlu mengandung karbohidart, protein, sayuran dan buah-buahan.

"Vitamin dan Mineral sebagai zat pengatur dibutuhkan untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh. Protein sebagai zat pembangun untuk tumbuh kembang dan mengganti sel-sel yang rusak. Karbohidrat sebagai zat tenaga. Sumber energi dan tenaga untuk beraktivitas," ujar Eka Herdiana.

Sebelum berolahraga, Anda juga wajib untuk mengonsumsi beberapa makanan karena jika Anda melewatkannya maka yang akan terjadi adalah gula darah menjadi rendah. Melatih diri dengan berolahraga membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Yuk, jadi bagian generasi yang tetap aktif dan #BisaLebihBersamaMILO! Sampai jumpa di MILO Jakarta International 10K tahun depan ya!

(Adv)