Sukses


5 Pesepakbola Gaek yang Berpeluang Pensiun

Bola.com, Jakarta - Kompetisi liga-liga di Eropa musim 2014/15 akan segera usai. Seiring dengan berakhirnya musim ini, beberapa pemain veteran pun kemungkinan besar bakal gantung sepatu.

Beberapa pemain senior masih menjadi andalan di klub masing-masing. Namun, tak sedikit pula yang lebih banyak duduk di bangku cadangan karena kalah bersaing dengan pemain yang lebih muda.

Alhasil, pilihan paling bijak pun adalah untuk menyudahi karier di dunia sepak bola profesional. Lantas, siapa sajakah pemain yang akan gantung sepatu di akhir musim ini?

Simak ulasannya di halaman berikut>>>>

2 dari 6 halaman

1.

1. Christian Abbiati

Penjaga gawang 37 tahun ini telah menjadi pesepakbola profesional sejak musim 1994/95 silam. Klub pertama yang dibelanya adalah Monza . Dia pun sempat melanglang buana bersama beberapa klub, seperti Borgosesia, Juventus, Torino dan Atletico Madrid.

Dan di musim 2008/09, Abbiati kembali berseragam I Rossoneri hingga saat ini. Berkarier selama 21 tahun di dunia sepak bola, berbagai gelar juara sukses direngkuhnya, mulai dari Liga Italia Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italia, Liga Champions, dan titel juara Piala Super Eropa.

Sayang, sejak kedatangan Diego Lopez di musim ini, posisi Abbiati sebagai penjaga gawang nomor satu Il Diavolo Rosso mulai tergusur. Pemain asal Italia itu baru bermain di sembilan pertandingan diseluruh laga.

Bakal semakin jarang tampil, Christian Abbiati pun sepertinya mulai memikirkan untuk gantung sepatu.

3 dari 6 halaman

2.

2. Francesco Totti

Totti adalah salah satu pemain paling loyal di Eropa. Sejak berkarier di dunia sepak bola profesional pada Maret 1993 silam, AS Roma adalah satu-satunya klub yang dibela olehnya.

Total, dia sudah bermain di 731 pertandingan dan mencetak 296 gol selama hampir 23 musim membela skuat Serigala Ibukota. Selain itu, pemain 38 tahun tersebut berhasil membawa Roma meraih trofi juara Serie A, Supercoppa Italia, dan Coppa Italia.

Meski telah memasuki usia senja untuk seorang pesepakbola, namun Totti masih menjadi andalan di lini tengah I Giallorossi. Musim ini, dia telah tampil di 24 pertandingan dan mencetak enam gol plus enam assist.

Namun, akan berumur 39 tahun pada September 2015, Totti tampaknya tengah mempertimbangkan untuk pensiun di akhir musim.

4 dari 6 halaman

3.

3. Rio Ferdinand

Ferdinand adalah salah satu bek tangguh di Inggris dan Eropa. Klub pertama yang dibela Pemain asal Inggris ini adalah West Ham United pada musim 1995/96.

Kariernya makin melesat ketika hijrah ke Manchester United dari Leeds United pada bursa transfer musim panas 2002. Dengan seragam MU, Ferdinand telah merasakan 16 gelar juara beberapa diantaranya Liga Primer Inggris, Piala FA, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Akan tetapi, ketika kontraknya tak diperpanjang The Red Devils dan hijrah ke Queens Park Rangers pada musim panas tahun lalu, performa Ferdinand mulai menurun. Akibatnya, dia lebih sering menghangatkan bangku cadangan.

Kontrak Ferdinand bersama QPR akan usai akhir musim ini. Jika tak diperpanjang serta tidak mendapatkan klub baru, pensiun adalah pilihan bijak untuk pemain 36 tahun tersebut.

5 dari 6 halaman

4.

4. Antonio Di Natale

Di Natale adalah salah satu pemain senior di Liga Italia Serie A. Penyerang 37 tahun itu merupakan pemain asli jebolan akademi sepak bola Empoli. Sayang, kariernya bersama Empoli tak terlalu mengilap.

Sempat dipinjamkan ke beberapa klub, Di Natale akhirnya memilih hijrah ke Udinese di musim 2004/05. Dengan seragam Udinese, Di Natale mampu memperlihatkan ketajamannya. Bahkan, dia sukses menyabet label topskor Serie A musim 2010 dan 2011.

Sayang, Di Natale belum pernah sekalipun membawa Udinese meraih trofi juara. Kendati masih dibutuhkan oleh Bianconeri, namun Di Natale tampaknya bakal menyudahi kariernya sebagai pesepakbola pada akhir musim ini.

6 dari 6 halaman

5.

5. Miroslav Klose

Meski telah berusia 36 tahun, tapi penampilan Klose di atas lapangan hijau masih terbilang oke. Di musim ini penyerang Lazio itu sukses mencetak tujuh gol dari 22 penampilan diseluruh ajang kompetisi.

Pemain yang mengawali karier sebagai pesepakbola profesional pada usia 20 tahun bersama Kaiserslautern itu pun telah merasakan berbagai gelar juara. Bersama Bayern Munich, Klose sukses mengangkat gelar Bundesliga Jerman, trofi DFB Pokal, titel juara DFB Liga Pokal dan DFB Supercup.

Sedangkan dengan seragam Lazio, Klose berhasil menyabet trofi juara Coppa Italia musim 2012/13. Kebahagiaan pemain kelahiran Polandia itu kian lengkap setelah sukses mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia 2014.

Telah merengkuh berbagai titel juara, Klose tampaknya akan mempertimbangkan untuk pensiun. Apalagi, pada 9 Juni tahun ini, dia akan berusia 37 tahun.

Video Populer

Foto Populer