Sukses


Kisah Wasit Legendaris Piala Eropa Asal Rumania

Bola.com, Galati - Seorang wasit memang tak banyak diberitakan ketimbang para pesepak bola. Akan tetapi, pengadil lapangan hijau justru menjadi sosok yang paling disegani dan dihormati ketika pertandingan.

Begitu banyak sang pengadil lapangan hijau yang menjadi legenda dalam sejarah sepak bola dunia, khususnya di benua Eropa. Sebut saja wasit legendaris asal Rumania, Nicolae Rainea yang merupakan sosok paling disegani sebagai pengadil lapangan pada zamannya.

Seperti dilansir UEFA.com, selama karirnya, Nicolae Rainea sudah memimpin laga pertandingan internasional yang masuk ke dalam jadwal FIFA dari tahun 1967-1989. Wasit kelahiran 19 November 1933 tersebut, pernah memimpin pertandingan krusial, salah satunya final leg kedua Piala UEFA pada tahun 1978 dan final Piala UEFA tahun 1980.

Wasit kelahiran Braila, Rumania tersebut juga telah memimpin beberapa pertandingan di Piala Dunia, seperti tahun 1978,1982, dan 1986. Salah satu partai besar yang dipimpin olehnya adalah saat Italia menatang Argentina pada Piala Dunia 1982.

Setelah menutup peluitnya pada usia 49 tahun, Nicolae beralih sebagai pengamat wasit dan presiden asosiasi sepakbola regional. Kemudian menjadi anggota kehormatan dari Federasi Sepakbola Rumania (FRF) dan warga kehormatan Kota Galati.

Pada tanggal 1 April 2015, sang wasit legendaris tersebut akhirnya tutup usia pada umur 81 tahun. Sepanjang karirnya Nicolae telah menjadi pengadil lapangan yang paling dihormati di dunia khusunya Eropa.

Baca Juga :

Lempar Rumput ke Busquets, Pemain Celta Vigo Diusir Wasit

Kalah dari Cavs, Bintang Clipper Kritik Wasit Wanita

Sambit Asisten Wasit, Turan Bebas dari Ancaman Sanksi

Video Populer

Foto Populer