Sukses


Ini Kebiasaan Tim Garuda Muda Jelang Bertanding

Bola.com, Singapura - Timnas U-23 bersiap menghadapi Filipina U-23 pada pertandingan ketiga babak penyisihan Grup A SEA Games 2015. Partai ini dimainkan di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (9/6).

Mungkin banyak yang penasaran, apa saja yang dilakukan skuat Garuda Muda menjelang pertandingan. Maklum sebagai atlet, ada banyak hal harus dipatuhi sebelum turun bertanding.

Kepada Bola.com, pelatih timnas U-23, Aji Santoso, mengungkapkan sejumlah kebiasaan itu, khususnya selama berlaga di SEA Games 2015 Singapura.

"Pada hari pertandingan pemain biasanya turun sarapan. Tapi, mengingat menu dan rasa di sini tak terlalu memuaskan, sarapan ya hanya sekadar sarapan saja," ungkapnya.

Soal makanan yang disediakan pihak hotel, Aji mengaku manajemen timnas tidak meminta menu khusus untuk disediakan buat Manahati Lestusen dkk. Artinya, penggawa Garuda Muda menikmati menu yang disiapkan pihak hotel apa adanya.

"Makanan yang disajikan di sini memenuhi standar pemenuhan gizi dan kalori, tapi kurang kalau bicara rasa," ungkap mantan pelatih tim PON Jatim itu.

Nah, untuk "membalas" soal rasa itu, manajemen timnas biasanya memesan makanan dari luar. Semisal memesan dari Restoran Hjh Maimunah yang ternama dengan sajian menu Melayu.

"Kami pesan dan dinikmati bersama-sama di sini dengan seluruh tim," ujar Aji sambil menunjuk lokasi di mana wawancara dengan Aji dilakukan.

Ketika itu Bola.com mewawancarai Aji di selasar kamar Hotel Days di lantai lima. "Setelah itu ada pengarahan sebentar dan pemain kembali beristirahat," imbuhnya.

Bek Garuda Muda asal Sriwijaya FC, Zalnando, menambahkan kadang kala sebelum sarapan timnas menggelar senam pagi. Kemudian sekitar jam 16.00 WIB pemain ngemil alias menikmati makanan kecil di kamar masing-masing yang terkadang hasil belanja sendiri.

Setelah semua siap, bus yang disediakan panitia SEA Games Singapura (SINGSOC) bergerak meninggalkan hotel dengan membawa skuat Merah-Putih menuju Stadion Jalan Besar sekitar pukul 17.00 WIB.

Dengan lalu lintas Singapura yang tidak sepadat Jakarta, bus yang ditumpangi Ilham Udin Armaiyn cs. hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit untuk tiba di lokasi pertandingan.

Baca Juga:

Statistik Keberhasilan Timnas U-23 Lumat Kamboja

Aji Santoso : Aturan di Timnas U-23 Relatif Longgar

Myanmar Kalahkan Filipina, Timnas U-23 Makin Pede

Video Populer

Foto Populer