Sukses


Timnas Kroasia Pecat Pelatih Niko Kovac

Bola.com, Niko Kovac harus mengakhiri petualangannya sebagai pelatih Krosia. Dia resmi didepak setelah Timnas Kroasia tampil mengecewakan di ajang kualifikasi Euro 2016. Akibat rentetan hasil buruk di dua laga terakhir,  kans mereka lolos ke putaran final Euro 2016 menipis.

Tim merah putih biru memuncaki Grup H pada awal bulan ini. Tetapi mereka hanya menuai hasil imbang tanpa gol melawan Azerbaijan. Setelah itu Kroasia malah takluk 0-2 dari Norwegia, Minggu (6/9/2015). Peringkat mereka pun turun ke posisi ketiga. Menanggapi dua hasil mengecewakan tersebut, Kovac malah menuduh timnya kurang berupaya keras saat bertanding.

Kapten Luka Modric merupakan salah satu pemain yang dianggap tak berkontribusi maksimal. Situasi kacau balau ini harus dibayar mahal oleh Kovac setelah Federasi Sepakbola Kroasia (HNS) menggelar pertemuan darurat pada Rabu (9/9/2015) waktu setempat.  Kabar pemecatan mantan pemain Bayern Munchen itu dikonfirmasi Presiden HNS, Davor Suker.

"Berdasarkan keputusan bulat dari dewan, kami telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak Niko Kovac termasuk staf kepelatihannya. Kami berbicara sebagai dua orang teman dan ketika dia mendengar berita ini dia menerimanya seperti seorang pria," kata Suker dalam sesi jumpa pers, hari ini. 

Kovac menggantikan Igor Stimac Kovac untuk memimpin Timnas Kroasia di ajang Piala Dunia tahun lalu di Brazil. Akan tetapi saat berlaga di turnamen empat tahunan itu mereka terdepak di fase grup. Kroasia hanya menang sekali dari tiga laga yang dijalani. 

Sejumlah media lokal menyebut pelatih Lokomotiv Zagreb, Ante Cacic, menjadi kandidat kuat menggantikan posisi Kovac. Meskipun begitu, sang pelatih mengatakan belum ada kontak dari pihak federasi.

Melalui Twitternya, HNS memberikan pesan singkat di Twitter: "Pencarian pelatih baru akan dipimpin oleh presiden Davor Suker dan direktur teknis Romeo Jozak. Diharapkan pelatih baru akan diperkenalkan pada 21 September."

Sumber: Guardian

Baca Juga:

Gol Bunuh Diri Bawa Spanyol Kalahkan Makedonia

Del Bosque Frustrasi Spanyol Menang Beruntung

Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Rooney Pecahkan Rekor Gol Inggris

Video Populer

Foto Populer