Sukses


Lewandowski Masuk Buku Rekor dan Bawa Polandia Lolos

Bola.com, Warsawa - Polandia mengalahkan Irlandia, 2-1, pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup D di Stadion Narodowy, Warsawa, Senin (12/10/2015) dini hari WIB. Robert Lewandowski mencetak satu gol sekaligus masuk buku rekor sebagai salah satu pencetak gol terbanyak pada babak kualifikasi.

Pada menit ke-13, Polandia sempat membuka skor melalui Grzegorz Krychowiak. Pemain Sevilla itu berhasil meneruskan umpan sepak pojok Kamil Grosicki dan mengirimkan tendangan keras ke pojok kiri gawang Irlandia.

Namun, keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Pada menit ke-16, Irlandia mendapat hadiah penalti setelah Shane Long dijatuhkan oleh Michal Pazdan di dalam kotak penalti. Jonathan Walters yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Tiga menit sebelum jeda, Lewandowski membawa Polandia kembali unggul. Kali ini, umpan silang Krzysztof Maczynski disambut sundulan Lewandowski yang menggetarkan jala Darren Randolph.

Bagi Lewandowski, itu menjadi gol ke-13 sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2016. Selain jadi pemuncak pencetak gol terbanyak, Lewandowski juga menyamai rekor striker Irlandia Utara, David Healy, yang pernah sukses melesakkan 13 gol pada Kualifikasi Piala Eropa 2008.

Hingga pertandingan berakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Polandia. Lewandowski dan kawan-kawan berhak lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis, karena menempati urutan kedua klasemen Grup D dengan 21 poin, tertinggal satu poin dari Jerman yang juga lolos.

Susunan pemain

Polandia: 22-Lukasz Fabianski; 20-Lukasz Piszczek, 15-Kamil Glik, 21-Michal Pazdan, 14-Jakub Wawrzyniak; 10-Karol Linetty, 8-Grzegorz Krychowiak; 7-Pawel Olkowski (16-Jakub Blaszczykowski 63), 5-Krzysztof Maczynski (4-Lukasz Szukala 78), 11-Kamil Grosicki (17-Slawomir Pszko 85); 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Adam Nawalka

Irlandia: 23-Darren Randolph; 2-Seamus Coleman, 5-Richard Keogh, 4-John O'Shea, 19-Robert Brady; 8-James McCarthy, 6-Glenn Whelan (7-Aiden McGeady 58); 14-Jonathan Walters, 21-Jeffrey Hendrick, 11-James McClean (20-Wesley Hoolahan 73); 9-Shane Long (10-Robbie Keane 55)

Pelatih: Martin O'Neill

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Sumber: UEFA

Baca Juga:

"Sulit Bandingkan Lewandowski dengan Ronaldo atau Messi"

Cuplikan Gol Hebat Lewandowski dan Aubameyang

Alasan di Balik Ketajaman Lewandowski

Video Populer

Foto Populer